Sering Digunakan di Motor RX King, Apa Sih Keunggulan Kop Blimbing/Head YZ 18G!

Kop blimbing/head YZ 18G yang sering digunakan pada motor RX King

Otoinfo.id – Head YZ 18G atau yang sering disebut belimbing ini memang banyak digunakan para pecinta motor RX King. Head tersebut adalah milik motor Yamaha DT125 dan DT175.

Namun apa sih keunggulan dari head tersebut sampai pengguna RX King menggunakan komponen tersebut? kuy kita simak!

Dikatakan Jovan mekanik Alkhadafi Motor, head tersebut memiliki bentuk sirip yang bagus jadi hanya untuk fasion dan tidak disarankan untuk balap jarak jauh, seperti drag 500 meter atau 1200 meter.

Baca juga : Tips: Rem Tromol Masih Bunyi Padahal Kampas Baru? Ini Biangnya!

“Kop ini sebenarnya lebih kepada kegunaan fasion saja, karena bahannya tidak bisa melepas banas pada RPM tinggi. Kalau buat balap lebih baik kop standar saja. Tapi kalau digunakan buat harian atau touring masih oke kok,” ucap Jovan.

Tetapi jika ingin memasang head YZ 18G ini harus ada perubahannya sedikit, pada area squish lebih baik dilebarkan, karena ukurannya hanya 57 mm sedangkan original RX King memiliki ukuran 58 mm.

Baca juga : Tips: Handgrip Kendor? Nggak Usah Beli Baru!

“Jadi kalau mau pasang kop ini lebih baik membubutnya jadi 58 mm, kalau dipaksakan pasang bisa aja tapi di putaran RPM tinggi umumnya knocking atau ngegeretek,” ucapnya.

Kop blimbing ini bisa digunakan pada motor Yamaha Tiara, Yamaha RXZ dan Yamaha RX King. Oh ya, disarankan menggunakan head yang type G ya gaes, kalau yang lain dan aftermarket bahannya berbeda, mesin bisa menjadi lebih cepat panas. Bagus Adit