Shell Eco Marathon (SEM) 2018 Singapura; Tim-Tim Indonesia Mendominasi Dukungan Teknologi Ban FDR!

Tim Indonesia Mendominasi di SEM Singapura

OtoInfo.Id-Tim-tim Indonesia yang menggunakan ban FDR jadi juara kelas Urban Concept Shell Eco Marathon 2018 yang diadakan di Singapura, Sabtu (10/3).“Kami merasa bangga dan kami ucapkan selamat atas prestasi dari teman-teman mahasiswa. Tidak hanya berhasil jadi juara , tapi semua tim yang didukung FDR lolos inspeksi teknis dan mencatatkan hasil di trek,” kata Dikkie Darwanto, direktur marketing PT Surayaraya Rubberindo Industries selaku produsen ban FDR.

Mobil Sapuangin XI Evo 2 dari Institut Teknologi Sepuluh Nopember berhasil merebut juara pertama Shell Eco Marathon 2018 kelas Urban Concept, Internal Combustion Engine (ICE) dengan hasi terbaik 315 km/l.

Tim Sapuangin ITS kelas Urban Concept, Internal Combustion Engine (ICE) dengan hasi terbaik 315 km/l.

“Alhamdullilah dengan dukungan dan doa dari berbagai pihak ITS Team Sapuangin bisa membawa dua trophy bergengsi, juara 1 Urban-ICE dan juara 2 Driver’s World Championship Asia 2018. Kami selaku tim memohon doa semoga nama Indonesia bisa terus berkibar di kancah internasional,” kata Billy Firmansyah, manajer non teknis ITS Team Sapuangin.

Juara kedua diraih oleh Semar Urban UGM Indonesia dari Universitas Gajah Mada dengan hasil terbaik 267 km/l dan Juara ketiga diraih oleh Garuda UNY  Eco Team dari Universitas Negeri Yogayakarta dengan hasil terbaik 215 km/l.

“Kita juga dapat juara pertama Safety Award karena menerapkan konsep keamanan pada kendaaan yang berbekal barang bekas sisa pakai,” kata Robi Wahyu, humas Garuda UNY  Eco Team.

Sedangkan untuk kelas Urban Concept dengan bahan bakar Battery-electric, Institut Teknologi Sepuluh Nopember  lewat tim Nogogeni ITS  Team 1 berhasil merebut juara ke-2 dengan hasil terbaik 125 km/KWh. Tim yang didukung oleh FDR lainnya, yaitu Apatte 62 Team dari Universtias Brawijaya berhasil menempati peringkat ke-4 dengan hasil terbaik 93 km/KWh.

Adapun ban yang digunakan oleh tim-tim tersebut adalah ban prototipe FDR. “Kami khusus siapkan ban FDR berteknologi Eco Smart Tire low yang punya tahanan gelinding rendah untuk para tim yang berlaga di SEM,” kata Jimmy Handoyo, technical development department head PT SRI.

“Ban prototipe FDR bisa membantu penghematan konsumsi bahan bakar karena tahanan gelinding yang rendah (low rolling resistance) mengakibatkan daya gelinding ban menjadi semakin ringan dan jauh yang pada akhirnya konsumsi bahan bakar jadi lebih hemat,” ujar Jimmy lebih lanjut. Wawan

Kelas Urban Concept, Internal Combustion Engine (ICE)
Kelas Urban Concet, Battery-electric

Tentang PT Suryaraya Rubberindo Industries

PT Suryaraya Rubberindo Industries (SRI) adalah salah satu perusahaan di dalam grup Astra yang merupakan anak perusahaan PT Astra Honda Motor (AHM). PT SRI berdiri sejak 1991 dan bergerak dalam bidang industri ban dan tube khusus sepeda motor. PT SRI memproduksi 2 merek ban dan tube, yaitu merek FDR  untuk semua merek sepeda motor dan Federal yang merupakan ban OEM dan after market sepeda motor Honda.

Dengan menggabungkan teknologi dari Jepang dan Jerman, PT SRI menghasilkan ban yang unggul dan sudah terbukti menjadi pilihan para pengendara motor dan pembalap di Indonesia dan Asia. PT SRI menghadirkan beragam pilihan terlengkap untuk beragam kebutuhan. Mulai dari ban untuk motor keseharian beraktivitas, hingga motor balap yang memacu adrenalin. Ban FDR bahkan telah menjadi ban resmi di sejumlah kejuaraan balap motor di tingkat nasional dan Asia.