Silly Season MotoGP: Pembalap Muda Datang, Rider Tua Bisa Ditendang

Otoinfo.id – Sejak awal musim bergulir, sudah ada prediksi bahwa saat MotoGP Silly Season tahun ini akan mengubah wajah kisi-kisi MotoGP di luar perkiraan. Revolusi sepertinya akan terjadi. Talenta muda masuk seperti Joan Mir hingga Miguel Oliveira. Sedangkan nama-nama yang sedang bersinar seperti Johann Zarco, Andrea Iannone hingga Jorge Lorenzo bisa berganti moto.

Banyak yang telah terjadi dalam beberapa minggu terakhir. Beberapa pembalap sudah menandatangni kontrak baru, sebut saja Andrea Dovizioso, Johann Zarco, Aleix Espargaro, Alex Rins, Miguel Oliveira dan Pol Espargaro.

Masih ditambah dengan perpanjangan kontrak dari Valentino Rossi, Maverick Vinales, Marc Marquez, dan Pecco Bagnaia. Sedangkan Cal Crutchlow, Franco Morbidelli, dan Xavier Simeon sudah memiliki kontrak sebelumnya. Sementara Taka Nakagami terlihat sangat mungkin mempertahankan posisinya di LCR Honda. Secara resmi sudah ada 14 kursi yang terisi secara resmi untuk musim 2019.

Sebagian, seperti Ducati masih bimbang apakah akan tetap mempertahankan Jorge Lorenzo, atau menggantinya. Pilihan pun masih membingungkan, antara Danilo Petrucci atau Jack Miller.

Yang terdengar di GP Perancis lalu, Joan Mir akan menandatangni kontrak bersama Suzuki selama 2 tahun dan akan bertandem bersama Alex Rins. Tujuannya jelas bahwa tim Suzuki memprioritaskan pembalap muda. Lantas kemana Iannone?

Memilih Joan Mir tak lepas dari keputusan Suzuki Hammatsu Japan. Di awal Jorge Lorenzo atau Andrea Iannone menjadi kandidat kuat. Namun bos Suzuki di Jepang, memilih berdasarkan talenta. Jika saja Joan Mir (20 tahun) benar-benar bersanding dengan Alex Rins (22 tahun), artinya tim Suzuki merupakan tim termuda yang ada di grid.

Jika keputusan tersebut terjadi, Iannone jelas tersingkirkan. Pilihannya adalah Aprilia sebab untuk kembali ke Ducati, sepertinya sulit. Pabrikan Bologna ini justru tertarik dengan kemampuan Jack Miller yang kian cemerlang di atas Desmosedici GP18.

Peluang Jorge Lorenzo pun kian menipis. Akankah Jorge Lorenzo mendarat di tim satelit? Hingga saat ini belum ada 1 tim yang tertarik menggunakan jasanya. Jorge Lorenzo pun terancam absen di 2019.

Jika itu terjadi, Dorna jelas akan ikut campur. Jika itu terjadi, pilihannya adalah tim satelit Yamaha. Dan kemungkinan besarnya jika terjadi adalah Marc VDS dengan tambahan 1 motor. Itu pun jika Marc VDS menjadi tim satelit Yamaha.

Kemungkinan lainnya adalah, Dorna tetap menggunakan scenario pertama, namun Marc VDS sebagai tim satelit Suzuki. Seperti diketahui, Lorenzo hanya ingin motor pabrikan, dan hanya Suzuki yang bisa memberikan motor pabrikan kepada tim satelit. Wow, makin seru nih persaingan peta pembalap. MT4, foto : motogp