Otoinfo – Suzuki Tornado lahir untuk meneruskan warisan gemilang keluarga RC series di Indonesia pada tahun 1994.
Sebagai bagian terbaru dari keluarga Suzuki, Tornado memiliki ciri khas yang sangat berbeda dari saudara-saudaranya seperti Suzuki Crystal dan Suzuki Bravo.
Salah satu fitur yang mencolok adalah bodinya yang besar, menjadi ciri khas tersendiri bagi motor tersebut.
Desain lampu depannya juga terlihat futuristik, mirip dengan ikon-ikon yang sering kita temui dalam film-film Star Trek. Edisi pertamanya diberi nama Tornado GS110.
Tornado GS110 membawa mesin yang sama dengan Suzuki Crystal, yakni mesin berkapasitas 110cc dengan teknologi andalan Jet Cooled.
Bagian rem depannya juga sudah menggunakan cakram yang dipadukan dengan knalpot model racing.
Pada tahun 1997, Suzuki kembali merilis varian Tornado GS110 yang memiliki kembaran dengan perbedaan desain dan spesifikasi mesin, yakni Suzuki Tornado GX100.
Meskipun desain bodinya sama persis, perbedaan mencolok terletak pada kapasitas mesin dan model knalpot.
Tornado GX mengusung mesin 2-tak berkapasitas 100cc Jet Cooled, sama dengan mesin yang digunakan pendahulunya, yaitu Suzuki RC100.
Knalpot Tornado GX juga mengadopsi model lurus yang terlihat lebih sederhana dibandingkan knalpot Tornado GS yang menggunakan model racing.
Pada tahun yang sama, Tornado GS110 mengalami penyegaran pada beberapa fiturnya. Berbagai perubahan meliputi stripping baru, pillion handle berwarna chrome, spion chrome, knalpot full chrome, tutup rantai yang tidak full, cover shock belakang dan foot rest chrome, engine dengan warna silver, sprocket polished white, serta kick starter polished white. Desain Tornado GS110 versi 1994 juga diturunkan ke GX100.
Dalam hal performa mesin, Tornado GS110 mampu menghasilkan tenaga 13 dk pada 7.500 rpm serta torsi sebesar 12,5 Nm pada putaran mesin yang sama.
Di sisi lain, Suzuki Tornado GX100 mampu mencapai tenaga 9,5 dk pada 7.500 rpm serta torsi 11,5 Nm di 5.000 rpm.
Kedua varian ini, meskipun memiliki akar yang sama dalam keluarga Tornado, memberikan nuansa yang berbeda baik dari segi desain maupun performa mesinnya. Kehadiran keduanya memberikan opsi yang menarik bagi para pecinta motor di era tersebut. Otoinfo.
More Stories
Knalpot ABRT20 Karya Mantan Joki Drag Bike, AB Bendol yang Melejit di Balap dan Harian
Astra Otoparts Hadirkan ULTI X Untuk Pasar Komponen Racing dan Sport, Ada Brake Pad, Velg dan Gir-Rantai
Sensasi Touring ke Tuntrum Gasblok Kawasan Borubudur, New PCX 160 Tunjukkan Taringnya Bersama Media dan Influencer