Otoinfo.id

Portal Informasi Otomotif Indonesia

Spakbor Belakang Honda Stylo 160 Cepat Kusam? Ini Cara Merawatnya Biar Tetap Kinclong dan Awet!

Spakbor Belakang Honda Stylo 160 Cepat Kusam? Ini Cara Merawatnya Biar Tetap Kinclong dan Awet!

Spakbor Belakang Honda Stylo 160 Cepat Kusam? Ini Cara Merawatnya Biar Tetap Kinclong dan Awet!

Otoinfo.id – Honda Stylo 160 dikenal dengan tampilan retro-modern yang menggoda, apalagi bagian buritannya yang ramping dan stylish. Tapi sayangnya, bagian spakbor belakang sering luput dari perhatian, padahal area ini sangat rentan kotor dan cepat kusam.

Mulai dari cipratan air, lumpur, hingga jamur karena sering kena air hujan, semuanya bisa bikin tampilan motor kamu jadi gak sedap dipandang.

Jadi, gimana sih cara merawat spakbor belakang Honda Stylo 160 agar tetap awet dan terlihat keren?

Baca Juga: Fitur Unggulan Honda Stylo 160: Skutik Stylish dengan Panel Digital, Smartkey, dan ABS

Tips Merawat Spakbor Belakang Honda Stylo 160

1. Cuci Rutin Setelah Terkena Hujan atau Lumpur

Jangan tunggu sampai kotoran mengeras. Cuci bagian spakbor belakang setelah riding di kondisi hujan atau jalanan becek. Gunakan sabun motor khusus dan spons lembut agar permukaan plastik tidak tergores.

Baca Juga:  Wow, SUNRA LEGEND Motor Listrik Mirip Honda Stylo 160, Harga Bikin Penasaran di PEVS 2024!

Tips: Gunakan air hangat untuk membantu melunturkan lumpur membandel.

 2. Hindari Paparan Sinar Matahari Langsung

Kalau kamu sering parkir di bawah sinar matahari langsung, warna spakbor bisa cepat pudar. Sebisa mungkin parkir di tempat teduh atau gunakan cover motor yang breathable agar tidak lembap.

3. Gunakan Semir Plastik Khusus Otomotif

Untuk menjaga warna hitam doff atau glossy pada spakbor Stylo 160, kamu bisa menggunakan semir plastik. Pilih produk yang mengandung UV protection agar tidak mudah pudar.

Catatan: Jangan gunakan semir ban karena terlalu licin dan bisa menimbulkan efek mengilap yang tidak alami.

Baca Juga:  GR Corolla atau Civic Type R? Pilihan Mobil Premium di Indonesia!

4. Bersihkan Celah Roda dan Dudukan Spakbor

Debu dan pasir sering menyelip di bagian dalam spakbor, terutama dekat roda belakang. Gunakan kuas kecil atau blower agar tidak ada kotoran menumpuk yang bisa menyebabkan karat di baut-baut dudukan.

5. Cek Kondisi Baut dan Klem Secara Berkala

Karena berada di bagian bawah dan sering terkena getaran serta air, baut-baut di sekitar spakbor bisa longgar atau berkarat. Periksa minimal sebulan sekali dan kencangkan bila perlu. Jika ada karat, semprotkan cairan antikarat.

6. Modifikasi? Boleh, Asal Fungsi Tetap Optimal

Banyak pengguna Stylo 160 yang suka memodifikasi spakbor belakang dengan model lebih pendek atau lepas total. Boleh saja, tapi pastikan kamu tetap memasang mud guard atau pelindung lumpur tambahan agar mesin dan knalpot tidak kotor.

Baca Juga:  Honda PCX 175 Siap Mengaspal Nih! Tampilannya Elegan dan Sporty

Ingat: Spakbor bukan sekadar estetika, tapi juga melindungi komponen penting motor dari cipratan air dan debu.

Baca Juga: Jam Motor Honda Stylo 160 Sering Ngaco? Begini Cara Mudah Settingnya Tanpa ke Bengkel!

Spakbor Bersih, Gaya Makin Percaya Diri

Merawat spakbor belakang Honda Stylo 160 bukan cuma soal tampilan, tapi juga soal fungsionalitas dan umur pakai motor. Dengan perawatan rutin, kamu bisa menjaga motor tetap stylish dan terhindar dari biaya perbaikan akibat karat atau kerusakan komponen.

Jadi, jangan remehkan spakbor belakang! Sekali kusam, aura motormu bisa langsung turun level. Yuk, rawat sekarang sebelum terlambat!

Sumber: https://radartegal.disway.id/read/713740/6-cara-merawat-honda-stylo-160-agar-tidak-boros-bbm-dan-tetap-bertenaga/30

About The Author

Copyright © All rights reserved. | EnterNews by AF themes.