Sport Rim RCB SP522 Terbukti Jadi Andalan di Balap dan Modifikasi!

Otoinfo.id – Sport Rim RCB SP522 atau yang lebih akrab dengan sebutan velg palang 5 yang memiliki warna elegan kuning keemasan itu, di dunia balap tanah air boleh dikatakan sudah menjadi velg andalan para tim balap. Informasi ini bukan isapon jempol semata.

Fakta di arena sirkuit balap road race, baik Kejurnas maupun Kejurda juga event balap lokalan sudah membuktikan  velg RCB model SP522 ini sudah tidak ada lawannya. Terbukti dari setiap ajang balap, pasti ada yang pakai velg RCB SP522.

Bahkan bukan hanya di dunia balap road race saja, velg RCB SP522 ini menjadi idola bagi kalangan tim balap trek lurus alias dragbike. Velg RCB SP522 ini juga sudah mendominasi kuda besi geberan para pecinta balap trek lurus.

Nah apa sebenarnya rahasia keunggulan dari velg palang 5 RCB ini? Salah satunya karena bobot atau beratnya sangat ringan. Dibanding dengan velg merek lain atau velg bawaan motor.

Dan itu sangat logis. Karena yang namanya balap motor baik road race maupun dragbike, jelas dibutuhkan motor yang bisa lari dengan kecepatan tinggi alias kencang. Salah satu kuncinya untuk part pendukung memang harus dibutuhkan produk-produk yang memiliki bobot ringan. Karena dengan bobot yang ringan tadi, pastinya akan semakin membuat kuda besi pacu tadi berlari kencang. Tentunya setelah dipersenjatai pula dengan mesin yang sudah di oprek atau di bore up.

Baca Juga : RCB Juga Ada Apparel Riding, Sarung Tangan dan Sepatu!

Sudah banyak komen dari para engine builder istilahnya, atau tukang oprek mesin yang jago dalam hal merakit komponen jeroan mesin hingga menghasilkan mesin yang memiliki horse power (hp) tinggi. Salah satunya ungkapan dari engine builder asal kota gudeg Jogja, siapa lagi kalau bukan Haris Sakti Prabowo yang lebih akrab di panggil Mlethiz dari bengkel balap MBKW mengatakan” Berbekal dengan bobot yang ringan, kemudian ditambah lagi stabil dan presisi. Jadi untuk tikungan-tikungan tajam. Velg RCB SP522 ini lebih bisa memberikan kesimbangan, saat rider rebahan dalam posisi racing line,”aku Mlethiz yang sudah menggarap puluhan motor balap. Dan tentunya untuk masalah velgnya selalu memakai sportrim RCB SP522.

Begitu pula dengan apa yang disampikan oleh engine builder yang sekarang berasal dari wilayah Jawa bagian barat. Yaitu Suhartono yang lebih akrab di panggil ‘Kupret’. Selaku owner dari Pride Racing Development, yang beralamat Jl. Pahlawan, Sanja, Citereup, Bogor. “Bagi saya sendiri untuk velg RCB SP 522 merupakan velg yang susah dicari tandingnya dalam hal ringannya. Selama saya terjun di dunia balap, baru kali ini saya bener-bener menemukan velg yang sangat ideal untuk dipasang di motor balap. Yang jelas ringannya ok, tampilannya ciamik, juga akselerasinya sangat maksimal, buat mendukung kecepatan motor,” aku kupret.

Sekedar informasi saja ya. Ternyata Pride Racing Development ini sudah banyak memproduksi mesin-misin boru up untuk motor balap baik di kelas Expert (Underbone 150 cc Tune Up Seeded), juga Novice (Underbone 150 cc Tune Up Pemula), dan masih banyak lagi mesin bore up untuk kelas lainya. Dari pangakuan Kupret sendiri, untuk semua motor bikinannya so pasti masalah velgnya memakai SP522.

Nah ternyata. Velg RCB SP522 asal Malaysia yang di Indonesia sendiri dipasarkan oleh PT Enwan Multi Partindo (N1) ini. Meski sudah bisa menguasai pasar di dunia balap. Imbasnya juga merembet ke pasar harian dan modifikasi. Karena para pencinta part RCB atau RCB Lover’s sudah pada mengerti. Kalau apapun bentuknya part motor yang sudah turun di dunia balap dan hasilnya memuaskan seperti Velg RCB SP522 ini. Bila digunakan di harian sudah barang tentu akan berkwalitas produknya juga maksimal fungsionalnya.

Bahkan velg RCB SP522 sekarang ini sudah menciptakan trend sendiri di dunia modifikasi. Banyak motor-motor modif yang turun di arena kontes, velgnya memakai RCB SP522. Terutama yang turun di kelas fashion daily, kategori kontes yang pastinya banyak pesertanya.

Karena kelas fahion daily ini lebih mengarah ke konsep modif motor-motor style harian. Dengan mengedepankan tampilan elegan serta memadukan seni painting, cutting, juga part aksesoris. Part aksesoris inilah yang biasanya akan menambah point tersendiri buat menambah aura fashion. Dari sinilah kenapa bodypart aksesoris RCB terutama untuk velg SP 522 menjadi pilihan modifikator. Buat menyatukan konsep modif mereka untuk kelas fashion daily, biar tampilan motornya lebih bisa menciptakan aura ‘sporty’

Bisa dilihat hasil modifikasi yang di lakukan oleh bagian Riset and Development (RND) RCB dari PT. Enwan Multi Partindo selaku distributor resmi part aksesoris RCB di Indonesia. Yang sudah merombak penampilan sosok Honda CBR 250 RR, dengan memakai velg RCB SP522 yang tampil sporty banget.

Baca Juga : Paket Kaliper dan Disc Brake RCB S3 Buat Nmax, Gaya dan Fungsional!

Bahkan juga sudah banyak kalangan modifikator yang memberikan komentar positif untuk velg RCB SP522 ini. Seperti yang diungkapkan oleh bengkel modif Tochcer Modify yang bermarkas di Kalideres, Jakarta yang dipunggawai oleh Eko Custom. Yang sudah banyak menghasilkan karya modifikasi dengan menggunakan velg RCB SP522 sebagai rombakan kaki-kakinya. “Tidak bisa dipungkiri kalau sekarang ini bodypart aksesoris RCB, terutama buat velg SP 522 nya banyak dipakai buat memodifikasi motor. Karena warna goldnya bisa menebarkan aura fashion, ditambah lagi model palang limanya akan menciptakan kesan sporty. Ini yang menjadi kelebihan dari velg palang RCB SP522. Bukan hanya saya saja yang sudah mengakuinya, tapi teman-teman modifikator lainya juga mengatakan hal yang sama,” ungkap Eko.

Bukti dilapangan juga sudah terlihat. Banyak varian motor modif yang memakai velg RCB SP522. Mulai dari Honda CBR 250RR, Kawasaki Ninja 150 RR, Yamaha RX King, Honda CB lama, hingga Honda Sonic, dan masih banyak lagi varian motor baik keluaran lama maupun baru yang sudah dimodif dengan menggunakan velg palang 5 RCB SP522. Istimewa.