Otoinfo – Dalam pencapaian yang mengesankan, PT Honda Prospect Motor (HPM) mencatat penjualan ritel sebanyak 97.026 unit hingga September 2023, meningkat 10% dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya.
Meskipun pertumbuhan ini positif mengakui bahwa angka penjualan belum mencapai harapan manajemen, dengan alasan berbagai faktor termasuk kondisi ekonomi.
“Walaupun penjualan tumbuh positif, angkanya belum sebesar yang diharapkan karena berbagai faktor, salah satunya kondisi ekonomi,”
Meski begitu pertumbuhan pasar otomotif di Indonesia. Tanpa merinci target secara spesifik, manajemen Honda aktif berusaha meningkatkan penjualan mobil hingga akhir tahun.
Dalam rangka mencapai hal tersebut, termasuk pembaruan produk dan sejumlah kegiatan yang menyasar konsumen, disertai dengan program penjualan menarik.
Adapun New Honda Brio jadi tipe mobil dengan penjualan tertinggi, yakni sebanyak 485 unit atau 24% dari total penjualan Honda di GIIAS 2023.
Sementara, All New CR-V yang resmi diluncurkan Honda di ajang GIIAS ini jadi mobil kedua terlaris kedua, yang telah terjual sebanyak 385 unit atau 19% dari total penjualan.
Sebagian besar penjualan juga disumbang oleh produk-produk segmen SUV, seperti HR-V yang laku 365 unit, diikuti oleh BR-V dan WR-V yang masing-masing terjual sebanyak 340 unit dan 325 unit.
Sebagai bagian dari inisiatif akhir tahun meluncurkan program penjualan “HEBOH” (Honda Lebih Banyak Promo di Akhir Tahun) dan program “PASTI” (Paket Leasing Sesuka Hati) yang menawarkan kemudahan finansial khusus untuk membantu konsumen yang ingin memiliki SUV.
Tak hanya itu, Honda juga menggelar kegiatan “Honda FESTIPARK” yang menampilkan berbagai permainan menarik dan program penjualan eksklusif.
Berdasarkan data penjualan hingga Oktober 2023, model yang paling diminati konsumen adalah Brio, mencapai porsi 40% dari total penjualan, diikuti oleh HR-V dengan porsi 20%.
“Kedua model memiliki desain stylish ini terjual lebih dari 60.000 unit dari Januari hingga September 2023.
Sebagai kesimpulan, pendekatan proaktif, meliputi inovasi produk, program penjualan yang menarik, dan kegiatan pelanggan yang menarik, menempatkan perusahaan ini untuk sukses menghadapi dinamika pasar otomotif Indonesia.
Saat memasuki sisa tahun 2023, Honda tetap berkomitmen untuk mendorong pertumbuhan dan memenuhi kebutuhan yang terus berubah dari pasar otomotif Indonesia. Otoinfo