Otoinfo.id

Portal Informasi Otomotif Indonesia

Suara Kasar di CVT Honda BeAT Bikin Risih? Ini Cara Bongkar dan Perbaikannya Tanpa ke Bengkel!

Suara Kasar di CVT Honda BeAT Bikin Risih? Ini Cara Bongkar dan Perbaikannya Tanpa ke Bengkel!

Suara Kasar di CVT Honda BeAT Bikin Risih? Ini Cara Bongkar dan Perbaikannya Tanpa ke Bengkel!

Otoinfo.id – Motor matic seperti Honda BeAT kerap mengalami bunyi kasar dari area CVT, terutama saat mesin menyala atau berakselerasi. Suara ini bukan cuma mengganggu kenyamanan, tapi bisa jadi pertanda ada kerusakan pada komponen internal, khususnya bearing CVT.

Sebuah video tutorial yang baru-baru ini viral di kalangan mekanik dan pengguna Honda BeAT membongkar penyebab suara kasar tersebut sekaligus memberikan solusi praktis untuk memperbaikinya sendiri di rumah.

Gejala Awal: Cek Bearing CVT Motor

Cara Mengenali Bunyi Kasar

Jika motor BeAT kamu mengeluarkan suara seperti gesekan logam dari area CVT, bisa dipastikan itu berasal dari bearing CVT yang oblak atau aus.

Untuk memastikannya, cukup buka blok CVT menggunakan kunci T8. Setelah terbuka, putar roda belakang. Jika putaran terasa halus namun sebelumnya terdengar kasar, itu tanda kuat bearing sudah bermasalah.

Ukuran Bearing yang Digunakan

Umumnya, bearing berukuran 6002 digunakan pada CVT Honda BeAT untuk komponen ini.

Baca Juga:  Wajib Diketahui, Ini Tips Perawatan CVT Matic

Baca Juga: Yamaha Mekar Motor Borong Podium 1-2 di YEC 2025 Sambas, Datang Jauh-Jauh dari Bogor!

Tracker Buatan Sendiri: Solusi Bongkar Tanpa Ribet

Cara Melepas Bearing Rusak

Dalam video tersebut, diperlihatkan teknik melepas bearing menggunakan tracker custom buatan sendiri dari baut 14 kasar yang dimodifikasi. Caranya:

  • Masukkan baut ke dalam lubang bearing,
  • Tambahkan ganjal besi kecil,
  • Topang dengan gear dan bearing bekas,
  • Kunci menggunakan mur dan putar secara perlahan.
Baca Juga:  Wajib Ganti Oli Transmisi Honda BR-V: Hindari Kerusakan!

Metode ini terbukti aman dan efisien, serta menghindari risiko merusak dudukan bearing seperti yang bisa terjadi saat memakai metode “lilin panas” yang sempat viral.

Pecco Bagnaia Gagal Podium di Ceko, Ducati Akui Salah Desain Motor!

Pemasangan Bearing Baru dan Tips Penting

Bersihkan dan Panaskan Dudukan Bearing

Setelah bearing lama dilepas:

  • Bersihkan area dudukan bearing dari kotoran dan serpihan logam.
  • Panaskan sedikit dudukan bearing agar pemasangan lebih mudah dan presisi.

Teknik Memasang yang Benar

Gunakan bearing 6002 baru (dengan atau tanpa kuningan), lalu pasang dengan palu dan alas empuk. Ketuk secara merata di bagian pinggir dan tengah bearing, jangan asal pukul karena bisa menyebabkan bearing tidak presisi atau oblak.

Baca Juga:  Teknologi Terbaru! Nmax Turbo dengan CVT Elektronik

Terakhir, pasang kembali sepi bearing dengan tang lancip agar tidak lepas saat motor digunakan.

Hemat Biaya dan Lebih Puas

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, kamu bisa mengatasi masalah suara kasar CVT Honda BeAT tanpa harus pergi ke bengkel. Selain hemat biaya servis, kamu juga akan merasakan kepuasan memperbaiki motor sendiri.

Motor kembali mulus, dompet tetap aman!

About The Author

Copyright © All rights reserved. | EnterNews by AF themes.