Otoinfo.id – Motor matic seperti Honda BeAT kerap mengalami bunyi kasar dari area CVT, terutama saat mesin menyala atau berakselerasi. Suara ini bukan cuma mengganggu kenyamanan, tapi bisa jadi pertanda ada kerusakan pada komponen internal, khususnya bearing CVT.
Sebuah video tutorial yang baru-baru ini viral di kalangan mekanik dan pengguna Honda BeAT membongkar penyebab suara kasar tersebut sekaligus memberikan solusi praktis untuk memperbaikinya sendiri di rumah.
Gejala Awal: Cek Bearing CVT Motor
Cara Mengenali Bunyi Kasar
Jika motor BeAT kamu mengeluarkan suara seperti gesekan logam dari area CVT, bisa dipastikan itu berasal dari bearing CVT yang oblak atau aus.
Untuk memastikannya, cukup buka blok CVT menggunakan kunci T8. Setelah terbuka, putar roda belakang. Jika putaran terasa halus namun sebelumnya terdengar kasar, itu tanda kuat bearing sudah bermasalah.
Ukuran Bearing yang Digunakan
Umumnya, bearing berukuran 6002 digunakan pada CVT Honda BeAT untuk komponen ini.
Baca Juga: Yamaha Mekar Motor Borong Podium 1-2 di YEC 2025 Sambas, Datang Jauh-Jauh dari Bogor!
Tracker Buatan Sendiri: Solusi Bongkar Tanpa Ribet
Cara Melepas Bearing Rusak
Dalam video tersebut, diperlihatkan teknik melepas bearing menggunakan tracker custom buatan sendiri dari baut 14 kasar yang dimodifikasi. Caranya:
- Masukkan baut ke dalam lubang bearing,
- Tambahkan ganjal besi kecil,
- Topang dengan gear dan bearing bekas,
- Kunci menggunakan mur dan putar secara perlahan.
Metode ini terbukti aman dan efisien, serta menghindari risiko merusak dudukan bearing seperti yang bisa terjadi saat memakai metode “lilin panas” yang sempat viral.
Pecco Bagnaia Gagal Podium di Ceko, Ducati Akui Salah Desain Motor!
Pemasangan Bearing Baru dan Tips Penting
Bersihkan dan Panaskan Dudukan Bearing
Setelah bearing lama dilepas:
- Bersihkan area dudukan bearing dari kotoran dan serpihan logam.
- Panaskan sedikit dudukan bearing agar pemasangan lebih mudah dan presisi.
Teknik Memasang yang Benar
Gunakan bearing 6002 baru (dengan atau tanpa kuningan), lalu pasang dengan palu dan alas empuk. Ketuk secara merata di bagian pinggir dan tengah bearing, jangan asal pukul karena bisa menyebabkan bearing tidak presisi atau oblak.
Terakhir, pasang kembali sepi bearing dengan tang lancip agar tidak lepas saat motor digunakan.
Hemat Biaya dan Lebih Puas
Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, kamu bisa mengatasi masalah suara kasar CVT Honda BeAT tanpa harus pergi ke bengkel. Selain hemat biaya servis, kamu juga akan merasakan kepuasan memperbaiki motor sendiri.
Motor kembali mulus, dompet tetap aman!
More Stories
Terbongkar! Ini Kelebihan Mangkok Kopling Racing di Motor Matic, Jangan Salah Pilih!
Jangan Beli Honda BeAT Bekas Sebelum Baca Ini! Panduan Lengkap Harga dan Tipsnya
Yamaha Mio vs Honda Beat: Ini 15 Fakta Penting Sebelum Kamu Beli Motor Matic Irit!