Suara Mesin Motor Kasar dan Kurang Bertenaga? Hal Sepele Bisa Jadi Penyebabnya!

Hal sepele bisa sebabkan suara motor kasar

Otoinfo.id – Kalian pasti pernah mendengar atau mengalami suara mesin motor kalian berisik atau kasar, namun sebagian orang tidak menyadari penyebab-penyebabnya. Hal sepele pun bisa jadi penyebab timbulnya masalah ini lho!

Bila suara mesin sudah mulai kasar, pasti tenaga motor juga ikut berkurang. Jika masalah ini dibiarkan begitu saja, bisa membahayakan keselamatan dan isi dompet anda. Karena kerusakan komponen didalamnya bisa menular ke komponen lain.

Baca juga : Tips: Suara Knalpot Motor ‘Nembak’? Ini Sebab dan Cara Memperbaikinya!

“Kalau mesin sudah ada bunyi kasar atau berisik sebaiknya langsung bawa ke bengkel untuk diperbaiki. Kalau dibiarkan bisa-bisa gancet dan memerlukan biaya yang banyak untuk memperbaikinya,” kata Sadam pemilik bengkel Alkhadafi Motor, Wonosobo.

Contoh templar yang sudar aus dan menimbulkan suara kasar

Sadam juga mengatakan, hal sepele yang sering dilupakan bisa mempengaruhi timbulnya suara kasar misalnya, seperti lupa tidak mengganti oli mesin dan juga sering geber-geber juga mempengaruhi.

Baca juga : Perlu Dicatat, Ini Kelebihan Dari Helm NHK Yang Wajib Diketahui

“Biasanya oli yang lama tidak diganti dan cara berkendara yang tidak baik bisa jadi sebabnya. Noken as dan templar jadi aus bila pelumasan tidak sempurna. Begitu juga dengan piston, bisa jadi gancet kalau ada kotoran di ruang bakar. Kalau udah macet dan komponennya aus semua, ya mau tidak mau harus diganti semua, dan itu butuh biaya yang cukup banyak” tambahnya.

Jadi itu gaes, hal sepele yang bisa jadi penyebab masalah suara mesin kasar dan kurang bertenaga. Untuk itu rutinlah merawat kendaraan anda sebelum timbul masalah yang besar ya gaes. Bagus Adit