Suzuki GSX-8R, Motor Sport Kelas Menengah Terbaru dari Suzuki

Suzuki GSX-8R, Motor Sport Kelas Menengah Terbaru dari Suzuki

Otoinfo – Suzuki merupakan salah satu produsen motor yang terkenal dengan produk-produk sportnya. Salah satu seri yang paling populer adalah GSX, yang memiliki berbagai varian mulai dari GSX-R150, GSX-S150, hingga GSX-R1000. Namun, tampaknya Suzuki tidak puas dengan jajaran motor sport yang sudah ada. Baru-baru ini, Suzuki mengumumkan akan merilis motor sport baru yang bernama GSX-8R.

Apa itu GSX-8R?

GSX-8R adalah motor sport kelas menengah yang mengusung konsep “The Ultimate Sport Bike”. Motor ini merupakan pengembangan dari GSX-R750, yang merupakan motor sport legendaris yang pertama kali diluncurkan pada tahun 1985.

Baca Juga:   Tampilan Baru Memukau! Honda Brio RS 2024: Harganya Terjangkau

GSX-8R memiliki desain yang lebih modern, aerodinamis, dan agresif, dengan lampu LED di depan dan belakang, fairing yang ramping, dan knalpot yang pendek. Motor ini juga dilengkapi dengan fitur-fitur canggih, seperti ABS, traction control, quick shifter, dan mode berkendara.

Spesifikasi GSX-8R

GSX-8R memiliki spesifikasi yang menggiurkan bagi para pecinta motor sport. Motor ini menggunakan mesin 4 silinder segaris berkapasitas 799 cc, yang mampu menghasilkan tenaga maksimal 148 hp pada 11.000 rpm dan torsi maksimal 79 Nm pada 9.000 rpm.

Baca Juga:   Perbedaan Yamaha 125ZR dan 125Z Terungkap! Mana yang Paling Garang?

Mesin ini diklaim sebagai mesin 4 silinder terkecil dan teringan di kelasnya, dengan bobot hanya 59 kg. Mesin ini juga sudah memenuhi standar emisi Euro 5, yang lebih ramah lingkungan.

Selain mesin, GSX-8R juga memiliki rangka yang ringan dan kuat, yang terbuat dari aluminium. Rangka ini memiliki berat hanya 15 kg, dan dirancang untuk memberikan keseimbangan antara kekakuan dan fleksibilitas.

Baca Juga:   Yamaha Nmax 160 VVA 2024: Skuter dengan Mesin Ganas yang Cocok untuk Touring

Rangka ini juga mendukung geometri motor yang ideal, dengan jarak sumbu roda 1.405 mm, sudut kemudi 23,5 derajat, dan trail 95 mm. Rangka ini juga memungkinkan pengaturan posisi jok, stang, dan kaki-kaki sesuai dengan preferensi pengendara.