Suzuki RGR 150 R (1991) Surabaya : The Next Motor Panglima Perang

Otoinfo.id – Dilan harusnya memakai Suzuki RGR ini saat membonceng Milea bukan Honda CB jadul, lebih cocok karena sama-sama kelahiran tahun 90an. Itu yang ada dibenak Alex sang empu Suzi RGR ini, “Nih motor legendaris di jamannya, dibuat ngetrek ok dan dibawa gaul nggak malu-maluin,” ujar pria yang berprofesi sebagai pedagang ini.

Doi mendapatkan Suzi RGR ini dari seorang teman, sport 2 tak yang dilengkapi 2 sistem canggih SSS(Super Scavenging System) dan SIPC(Suzuki Intake Pulse Control). Teknologi terlihat pada blok kiri yang terdapat selang, itu berguna saat digas tinggi mencapai rpm maksimal dan suplai udara diberikan dari cadangan udara dari tabung yang terhubung di selang itu. Sedangkan SIPC itu kontrol yang terdapat di intake manifold tertanam buluh banyak, sama dengan SSS tertanam 2 selang suplai cadangan udara. Ini yang membuat motor impor dari Thailand merajai jalanan trek lurus dibawah tahun 2000.

Alex membawa RGR setengah bangkai itu ke Sulton yang menggawangi bengkel restorasi Ton Modified di daerah pasar ikan Pabean. Rancang bangun ulang dilakukan, Sulton mempreteli bodi dan mesin dari rangkanya untuk melakukan pengecatan ulang. Sulton berusaha mengembalikan kejayaan RGR dengan warna aslinya, dipilih putih mutiara dari danagloss. Striping ori RGR direkatkan baru dilahirkan pernis dari Dupont, rangka juga diperbarui cat senada bodinya.

Sedangkan mesin tak terlalu diutak-atik sama sekali, tinggal lubang-lubang porting dikikis 0,5 mm untuk mendapatkan tarikan lebih enteng. Sehingga suplai karburator Keihin comotan NSR berkode TW 28 lebih maksimal. Tenaga mesin disalurkan ke penggerak 6 gigi percepatan yang disalurkan lewat putaran pelek Motowheel U Shape kombinasi 185×17 dan 215×17.

Spare part dan aksesoris RGR ini termasuk langka tapi sang pemilik Alex nggak kehilangan akal. Doi ubek-ubek marketplace dunia maya dan akhirnya dapat macam half fairing dan tudung mikanya. Setelah kelar nih RGR siap jadi panglima perang jalanan. fey

Spek Modif :
Pelek depan : Motowheel U Shape 185×17
Pelek belakang : Motowheel U Shape 215×17
Ban depan : IRC 250×17
Ban belakang : IRC 275×17
Cat : danagloss
Clear : Dupont
Karburator : NSR TW 28 mm
Teromol belakang : Yamaha Jupiter

Modifikator :
Ton Modified
Jl.Pabean Kulon I/4-6 Surabaya
HP.087853400077