Suzuki Tornado GS (2000) Tangerang: Original Restorasi Dongkrak Trend Modif Motor Jadul

Otoinfo.id – Kembali bermunculan di jalanan, motor ‘jadul’ istilahnya, atau motor-motor lama yang kini mulai eksis lagi di dunia modifikasi. Memang yang namanya hobi, apapun bisa dimainkan. Begitupula dengan bro Gatot, selaku modifikator roda dua yang justru lebih lebih memilih modifikasi ‘orian’ istilahnya.

Yah…modif orian atau originalan sekarang ini memang lagi trend dikalangan pecinta modifikasi roda dua. Motor-motor keluaran tahun lama. Mulai tahun 70 an, 80 an, hingga 90 an, menjadi buruan para pecinta motor jadul untuk direstorasi lagi seperti motor baru keluaran pabrikan.

Salah satunya yang sekarang menjadi incaran para pecinta motor lawas atau lama adalah Suzuki Tornado GS. Yang dikeluarkan oleh pabrikan Suzuki mulai tahun 1994 hingga 2004. Motor bebek yang berkarakter mesin 2 tak ini, kini mulai banyak yang melenggang di jalanan lagi. Tapi pastinya sudah tampil luxury dan trendy.

Baca Juga : Jati Part Bikin Suzuki 2 Tak Jadi Glowing dan Cantik Kembali Tanpa Skincare!

Perhatikan tampilan Suzuki Tornado GS keluaran tahun 2002 milik bro Gatot ini. Dengan perlakuan kasih sayang, kemudian disentuh restorasi memainkan painting menggunakan cat semprot brand Diton premium. Jadilah motor Suzuki Tornado GS miliknya jadi menawan seperti motor yang baru saja keluar dari dealer.

Yuk kita kupas restorasi apa saja yang dilakukan oleh bro Gatot di rumahnya yang berada GG Darul Falah, RT 12, RW 13, Karang Tengah, Tangerang. Hingga bisa menampilkan Suzuki Tornado GS-nya bisa tampil seperi motor baru.

Menurut sang modifikatornya. Untuk restorasi originalan yang paling penting adalah membuat motor tadi seperti baru keluar dari pabriknya. Yang dimaksud adalah menciptakan keaslian dari tampilan fisik motor sesuai jamanya. “Nah ini biasanya yang mempersulit pemain motor originalan untuk menciptakan hal itu,” buka bro Gatot.

Yang dimaksud dari ungkapan bro Gatot tentang istilah keaslian bentuk fisik motor adalah. Pastinya sang modifikator harus paham betul, seperti apa dulu bentuk atau identitas fisik motor yang lagi direstorasi. Diantaranya adalah tulisan ‘logo’ dari keunggulan brand motor tadi. Yang biasanya dimunculkan pada cutting sticker menempel pada body motor.

Kalau di motor Suzuki Tornado GS ini, bro Gatot menjelaskan untuk logo brand sebagai identitas dari keunggulan motor ini ada pada tulisan ‘110 Jet Cooled’ yang menempel pada sayap bagian kanan.

Baca Juga : Ini Fakta Suzuki Satria 2T LF Chindren Pupuk Raja Sawer, Kasih Lawan 125 Z

Juga ada lagi tulisan dengan menggunakan cutting sticker menempel di bagian sayap kiri bertuliskan ‘Jaminan Mesin 3 Tahun’. kemudian dibagan blok mesin juga tertempel tulisan cutting sticker ‘SUZUKI PECS’. “Selain harus hafal seperti apa bentuk motor orian yang mau di modif, juga harus detail masalah logo dan tulisan-tulisan sebagai bentuk identitas motor yang mau dimodif,” lanjut bro Gatot.

Nah biar tampilan motor orian tadi kelihatan seperti motor baru pada jamanya. Biasanya modifikatornya melakukan pengecatan ulang. Untuk masalah pilihan warna, sang modifikator bebas berekspresi. “Buat painting saya lebih memilih warna kuning, kayaknya warna ini dulu sempat menjadi warna kebesaran Suzuki saat mengeluarkan motor adventure atau trail yaitu Suzuki TS,” jelas bro Gatot lagi.

Meski menggunakan cat semprot (spray paint) merek Diton Premium. Tapi hasilnya sangat cakep dengan warna kuningnya keluar, seperti cat yang menggunakan paint brush, atau cat hasil pabrikan motor. “Nah ini kelebihan dari cat semprot Diton Premium. Cepat kering, lebih rata spray-nya, dan warnanya muncul dan menkilat seperti cat pabri. Padahal hanya menggunakan sentuhan pijatan jari tangan,”bangga bro Gatot dengan hasil paintingnya.

Tidak hanya berhenti disitu saja. Modifikasi standart juga dilakukan dibagian kaki-kaki. Velgnya juga masih bawaan motor, hanya saja biar kelihatan kinclong. Sengaja oleh bro Gatot bukan di krom, tapi malah digosok dengan batu hijau. Jadi auranya malah kelihatan seperti motor baru.

Dilanjut pada blok mesin hingga swingarmnya, sama bro Gatot kembali di semprot cat Diton Premium dengan kelir warna metallic silver gray. Jadi kesannya bener-bener seperti motor asli bikinan pabrik. Nah yang namanya hobi, motor ini juga rencana dilelang bro Gatot pastinya dengan harga yang boombastis. “Yang namanya permainan hobi, tergantung saya akan mem-bandrol berapa nominalnya,” senyum bro Gatot sembil menyebutkan no whatshap dirinya diangka 08881288600 bila ada yang berminat. Mantap. R1F

Data Modifikasi:

BODY; Original.
PAINTING; Diton Premium.
CUTTING; Logo Dan Identitas Motor.
BLOK ENGINE; Painting Diton Premium Silver Gray.
MODIFIKATOR;Gatot.
BENGKEL; Garage Custom Orian.
ALAMAT; GG Darul Falah, RT 12, RW 13, Karang Tengah, Tangerang. KONTAK; 08881288600