Syndicate RX-King Independent Yogyakarta (SKIY) : RX-King Tidak Cuma Hura-Hura!

Otoinfo.id – Komunitas ‘raja jalanan’ atau biasa disebut RX-King memang banyak sekali. Tersebar luas di berbagai penjuru nusantara, bahkan negara tetangga pun ada. Tentunya komunitas para pengguna motor ‘jambret’ dengan suara khasnya ini terbentuk karena solidaritasnya yang begitu tinggi.

Seperti komunitas SKIY (Syndicate King Independent Yogyakarta) yang seragam kebanggaannya berwana hitam hijau ini. Mereka terbentuk dari sekumpulan pengguna motor 2T 135cc keluaran Yamaha yang ada di daerah Sindumartani.

“Dulu nama SKIY S-nya bukan Syndicate, tapi Sindumartani. Seiring berjalannya waktu, banyak anggota dari luar Sindumartani makannya kami ganti dengan nama Syndicate dengan harapan dapat berkembang,” ucap Dimas selaku #001 SKIY yang mengatakan kalau perubahan nama tersebut dilaksanakan saat anniversary SKIY yang pertama pada 9 September 2018 lalu.

Jadi SKIY ini terbentuk sejak 9 September 2017, atau satu tahun sebelum pergantian nama. Komunitas SKIY ini punya prinsip paseduluran selawase, “Jadi suka duka antara satu dengan lain kita rasakan bareng-bareng. Kalau orang jawa bilang senengku yo senengmu hehehe,” terang Dimas. Dengan begitu SKIY ini pastinya punya kegiatan yang tidak jauh dari prinsip tersebut.

“Kita ada kopdar dua kali dalam sebulan, pertama di Minggu kedua dan selanjutnya di Minggu ke empat. Serta ada agenda rutin tiap bulan Ramadhan, seperti bagi takjil setiap hari Minggu selama bulan puasa. Untuk pembagian takjilnya kita berpindah-pindah, diawali dari perempatan Jakal,” katanya.

Selain itu ada juga penggalangan dana untuk korban bencana. Contoh yang sudah dilaksanakannya yaitu membantu para korban bencana Palu-Donggala. “Saat touring selain memperdulikan anggota kita juga saling membantu pada sesama pengguna jalan, misal ada yang kehabisan bensin atau ban bocor pasti kita bantu semampunya. Jadi tidak membedakan mereka anggota club atau bukan kita tetap bantu,” imbuh Dimas.

Dan yang terakhir mereka punya kekeluargaan yang sangat erat, terbukti disetiap agenda kumpul maupun touring masing-masing anggota yang sudah berkeluarga pasti membawa keluarganya. Apalagi saat salah satu anggota atau keluarga ada yang sedang sakit dan dirawat di rumah sakit, pasti selalu dijenguk. “Jadi begitu lah kami SKIY. RX-King itu tidak cuma hura-hura saja, tapi kekompakan, seduluran dan cinta damai juga harus diterapkan!,” tutup Dimas yang juga bilang kalau mau gabung bisa hubungi di nomor 085842850850. Sip! Aji