Tak Perlu Repot, Ini Cara Ampuh Bersihkan Rantai Dan Gir Motor Dalam 3 Menit

Otoinfo.id-Rantai dan gir adalah salah satu kompenen vital pada sepeda motor non matic. Makanya, perlu mendapat perawatan yang rutin untuk menjaga fungsinya tetap optimal. Membersihkan rantai dan gir motor kurang dari 3 menit tanpa perlu repot membuka rantainya. Kabar baiknya cara ini sangat mudah dan ampuh. Cara ini dapat kalian lakukan sendiri dengan alat dan bahan seadanya. Yuk, simak!

 

1. Pertama-tama, semprot rantai dengan cairan penetran seperti WD-40. Yap, tidak usah bingung, bisa juga menggunakan bensin, solar, minyak tanah bahkan menggunakan detergen pun bisa tujuannya sama yakni untuk merontokkan kotoran, karat, debu atau sisa pelumas yang menempel.

2. Setelah itu, bersihkan rantai dan gear motor anda dengan cara disikat. Anda dapat memanfaatkan sikat gigi bekas atau kuas kecil untuk merontokkan kotoran yang menempel. Sikat secara merata, selanjutnya siram rantai dan gear nya menggunakan air mengalir hingga bersih

3. Setelah rantai kering dan gear bersih dari kotoran, lakukan pelumasan ulang pada rantai dengan cairan khusus untuk pelumas rantai yang berbentuk spray atau semprot. Model semprot ini membuat pelumasan jadi lebih merata.

Baca juga : Tips Perawatan Rem Cakram, Cek Part Vital Sebelum Fatal

Dan ingat, jangan sekali-kali menggunakan oli bekas untuk melumasi rantai, karena oli bekas mengandung kotoran yang dihasilkan dari proses pelumasan di mesin. Selain itu, oli bekas juga bikin debu dan kotoran menempel di rantai. Semoga bermanfaat! TaufikNR