Tanggapan Legenda Balap Malaysia, Soal Kesenjangan Performa Honda di Indonesia

Otoinfo- Perdebatan seputar performa kurang kompetitif Honda dalam ajang Oneprix Indonesia telah menimbulkan pertanyaan apakah ada pelajaran yang bisa dipetik dari Malaysia Cub Prix. Faktor regulasi memang memengaruhi, namun hal tersebut tidaklah menjadi satu-satunya faktor.

Keseimbangan performa antara Honda dan Yamaha di Malaysia telah dijabarkan oleh Shahrol Yuzy, seorang legenda balap Malaysia sekaligus pemilik tim Yuzy Racing. Menurut Yuzy, perbedaan performa antara Honda di Indonesia dan Malaysia sangatlah mencolok. Di Malaysia, Honda mampu bersaing secara seimbang dengan Yamaha, sementara di Indonesia, situasinya berbeda.

Baca Juga:   Toyota Raih Kesuksesan di GIIAS 2023: Avanza Dan Veloz Terlaris, Elektrifikasi Mendominasi

“Apabila terdapat peraturan pembatasan RPM seperti 13.500 untuk Yamaha dan 13.600 untuk Honda, maka persaingan akan semakin adil,” ujar Yuzy dengan logat Melayunya, seperti yang dilansir oleh Funrace.id. “Selain itu, dengan penggunaan magnet dan baterai standar, hal ini juga dapat mengurangi biaya, karena penggantian baterai lithium cenderung mahal.”

Maka tidaklah mengherankan jika Honda bisa bersaing secara signifikan di sirkuit-sirkuit panjang seperti Sepang yang memiliki trek lurus yang panjang. Namun, Yamaha mampu memberikan perlawanan balik terutama di sirkuit teknikal seperti yang bisa dilihat dalam seri Malaysian Cub Prix di Sirkuit Teknikal.

Baca Juga:   Perbandingan Honda PCX 160 vs Stylo: Mesin Sama, Tapi Keunggulan Masing-Masing Bikin Bingung!

Perlu dicatat bahwa sirkuit memiliki pengaruh besar terhadap performa motor. Sirkuit dengan trek lurus panjang lebih menguntungkan bagi motor dengan kecepatan tertinggi, sementara sirkuit teknikal membutuhkan motor yang lebih lincah.

IMI telah mengambil langkah tegas dengan meminta Oneprix, sebagai penyelenggara Kejurnas, untuk menggunakan beragam sirkuit. Walaupun belum jelas apakah hal tersebut akan terlaksana, semoga keberagaman sirkuit dapat memberikan Honda kesempatan untuk memberikan perlawanan yang lebih baik.

Baca Juga:   Motor Listrik Honda EM1 e, Spesifikasi dan Harga Terbaru 2023