Otoinfo.id

Portal Informasi Otomotif Indonesia

Tanjakan Panjang? Libas! Daihatsu Xenia Sangat Siap Gas!

Tanjakan Panjang Libas! Daihatsu Xenia Sangat Siap Gas!

Otoinfo – Daihatsu All New Xenia telah membuktikan kehandalannya sebagai mobil dengan penggerak roda depan (Front Wheel Drive – FWD) di medan berat Sumatera.

Perjalanan Road Trip #EksplorasiNusantara Sumatera Barat menunjukkan bahwa mobil ini mampu melibas jalur Padang-Bukittinggi dengan mudah, menepis anggapan bahwa mobil FWD tidak mampu menghadapi tanjakan terjal.

Teknologi FWD pada Daihatsu All New Xenia

Keunggulan Sistem Penggerak Roda Depan

Sistem FWD pada Daihatsu All New Xenia memiliki beberapa keunggulan yang membuatnya ideal untuk perjalanan di berbagai medan:

Desain Kompak

Sistem FWD menyalurkan tenaga dari mesin di depan langsung ke roda depan tanpa memerlukan komponen tambahan seperti propeller shaft. Hal ini membuat desain mobil lebih ringkas dan efisien.

Pengurangan Bobot

Tanpa komponen propeller shaft, mobil FWD memiliki bobot lebih ringan yang berkontribusi pada peningkatan efisiensi bahan bakar dan performa.

Baca Juga:  Toyota Fortuner Bekas: Harga, Kualitas, dan Tips Membelinya

Efisiensi Bahan Bakar

Dengan penyaluran tenaga yang lebih pendek dan minim hambatan, mobil FWD cenderung lebih hemat bahan bakar dibandingkan dengan mobil berpenggerak roda belakang (Rear Wheel Drive – RWD).

Performa di Medan Berat

Ketangguhan di Jalur Padang-Bukittinggi

Pada perjalanan sejauh 600 km dari Padang ke Bukittinggi, Daihatsu All New Xenia berhasil menunjukkan performa luar biasa di jalur yang dikenal menantang.

Meskipun jalur ini terkenal dengan tanjakan curam dan tikungan tajam, Xenia mampu melahap semua tantangan tersebut berkat beberapa fitur unggulannya:

Distribusi Bobot yang Optimal

Meskipun mobil FWD biasanya mengalami gejala selip saat menanjak karena distribusi bobot yang bergeser ke belakang, Xenia mampu mengatasi hal ini dengan baik.

Baca Juga:  Menantang Dominasi Jepang! Citroen C3 Aircross, SUV 7-Seater Eropa Berkualitas dengan Harga Terjangkau!

Cara mengemudi yang benar, seperti memanfaatkan momentum saat menanjak, sangat membantu dalam mempertahankan traksi.

Pengurangan Kebisingan

Desain tanpa propeller shaft tidak hanya membuat lantai mobil lebih rata, tetapi juga mengurangi kebisingan dalam kabin, memberikan kenyamanan lebih bagi penumpang.

Sejarah Pengembangan Daihatsu Xenia

Daihatsu Xenia pertama kali diluncurkan pada tahun 2003 dengan sistem penggerak roda belakang. Namun, pada tahun 2021, Daihatsu bersama Toyota melakukan perubahan besar dengan memperkenalkan sistem FWD pada All New Daihatsu Xenia dan Avanza-Veloz.

Baca Juga:  Mobil Impian! Honda Civic RS Desain Mewah, Performa Tangguh, Harga Terjangkau!

Perubahan ini merupakan langkah berani yang membuktikan keandalan teknologi FWD dalam menghadapi berbagai kondisi jalan di Indonesia.

Daihatsu All New Xenia dengan sistem penggerak roda depan (FWD) telah membuktikan kemampuannya dalam menghadapi jalur-jalur berat seperti di Sumatera Barat.

Keunggulan dalam desain, pengurangan bobot, efisiensi bahan bakar, dan kemampuan mengatasi tanjakan membuat Xenia menjadi pilihan yang tepat untuk berbagai kondisi jalan di Indonesia.

Perjalanan Road Trip #EksplorasiNusantara adalah bukti nyata bahwa anggapan mobil FWD tidak mampu menaklukkan medan berat hanyalah mitos. Otoinfo

About The Author

Copyright © All rights reserved. | EnterNews by AF themes.