Teknik Menikung Aman: Hindari Kecelakaan Saat Berkendara Motor

Teknik Menikung Aman Hindari Kecelakaan Saat Berkendara Motor

Otoinfo – Menikung adalah salah satu teknik dasar yang wajib dikuasai oleh setiap pengendara sepeda motor. Kesalahan dalam teknik ini dapat berakibat fatal, mulai dari terjatuh hingga mengalami kecelakaan serius. Oleh karena itu, memahami teknik menikung yang benar sangatlah penting, terutama saat mengajukan permohonan Surat Izin Mengemudi (SIM).

Pentingnya Mengurangi Kecepatan

Langkah pertama yang harus diperhatikan saat menikung adalah mengurangi kecepatan sebelum memasuki tikungan. Pengendara disarankan menggunakan kombinasi rem depan dan belakang untuk mencapai kecepatan yang aman.

Baca Juga:   Honda Blade 2024: Gaya Baru yang Mencuri Perhatian di Jalanan

Menyesuaikan kecepatan berdasarkan feeling sangat penting, jangan terlalu cepat atau terlalu lambat saat memasuki tikungan. Kecepatan yang tepat membantu menjaga keseimbangan dan kontrol sepeda motor.

Menjaga Postur Tubuh yang Benar

Postur tubuh saat menikung juga memiliki peran krusial. Teknik yang dianjurkan adalah posisi lean with the bike, di mana tubuh miring sejajar dengan motor. Dengan postur ini, pengendara dapat menjaga keseimbangan yang lebih baik dan mengurangi risiko terjatuh.

Baca Juga:   Kymco Skytown 150: Skutik Kelas Dunia dengan Fitur Canggih, Harga Terjangkau Bikin Pesaing Kewalahan!

Selain itu, pastikan kepala menghadap ke arah tujuan. Misalnya, jika akan berbelok ke kanan, arahkan kepala ke kanan, begitu pula sebaliknya. Fokus pada titik terjauh dari tikungan untuk mengantisipasi potensi bahaya seperti pasir atau rintangan lain di jalan.

Pengendalian Kecepatan dan Kemiringan

Langkah selanjutnya adalah mengontrol kecepatan dan kemiringan sepeda motor dengan menggunakan rem belakang. Penggunaan rem belakang saat menikung memberikan kendali yang lebih baik dibandingkan rem depan yang bisa menyebabkan ban depan terkunci dan mengakibatkan kecelakaan.

Baca Juga:   Makin Berdecit!! Tips Merawat Body Motor Dengan Benar!

Setelah keluar dari tikungan, segera tingkatkan kembali kecepatan sesuai dengan arus lalu lintas untuk menghindari situasi berbahaya dari kendaraan lain di belakang.