Otoinfo.id

Portal Informasi Otomotif Indonesia

Ternyata di Sinilah Biang Keladi Bunyi Kasar dari Area CVT Motor Matic

Ternyata di Sinilah Biang Keladi Bunyi Kasar dari Area CVT Motor Matic

Ternyata di Sinilah Biang Keladi Bunyi Kasar dari Area CVT Motor Matic

Otoinfo.id – Bagi pemilik motor matic, bunyi kasar dari area CVT sering jadi keluhan yang cukup mengganggu. Suara berisik ini biasanya muncul ketika motor mulai melaju atau saat tarikan gas dilepas. Meskipun terlihat sepele, jangan remehkan bunyi aneh di CVT karena bisa berdampak pada performa motor secara keseluruhan.

Hal ini juga berlaku pada motor besar dengan teknologi transmisi canggih seperti Honda CRF1100L Africa Twin DCT, meski berbeda sistem, prinsip perawatan transmisi tetap penting agar motor tidak kehilangan kenyamanan.

Penyebab Utama CVT Bunyi Kasar

Menurut Deny Dumadi Saputra, pemilik bengkel Beduls Motor Speed (BMS), biang keladi bunyi kasar di CVT motor matic biasanya ada pada komponen sliding piece.

1. Sliding Piece Aus

Sliding piece terletak di tutup rumah roller dan berfungsi mengencangkan posisi tutup tersebut. Saat komponen ini aus, terjadi celah yang membuat pulley depan tidak terkunci rapat. Akibatnya, muncul getaran dan bunyi kasar.

2. Pulley Tidak Stabil

Karena sliding piece sudah longgar, pergerakan pulley depan yang maju-mundur menjadi tidak mulus. Selain menimbulkan suara berisik, kondisi ini juga bisa mempercepat roller menjadi aus.

Baca Juga:  Ini Sebabnya CVT Motor Matic Harus Dikeringkan Pakai Lap Bersih Setelah Diservis

3. Usia Motor

Masalah ini biasanya muncul pada motor matic yang sudah berusia lebih dari 5 tahun. Komponen plastik seperti sliding piece rentan aus karena gesekan terus-menerus.

Baca Juga: CVT Skutik Pecah Saat Digeber Hampir Memakan Korban, Mekanik Bengkel Spesialis Angkat Bicara

Dampak Jika Dibiarkan

Bunyi kasar di area CVT memang tidak langsung membuat motor mogok. Namun, bila dibiarkan:

  • Roller cepat rusak akibat pergerakan yang tidak stabil.
  • Getaran makin terasa di bagian CVT.
  • Efisiensi transmisi menurun, membuat motor terasa berat saat berakselerasi.
  • Risiko kerusakan komponen lain meningkat, sehingga biaya servis bisa membengkak.
Baca Juga:  Resmi Meluncur di GIIAS 2025, GWM Tank 300 Diesel Ternyata Pakai BBM Ini!

Solusi Mudah dan Murah

Kabar baiknya, sliding piece bukanlah komponen mahal. Di pasaran, satu set sliding piece hanya sekitar Rp 10 ribuan. Mengganti komponen ini lebih aman ketimbang membiarkan bunyi kasar terus mengganggu.

Baca Juga: Ternyata Ini Sebabnya Rantai Motor Bekas yang Kendur Jangan Dipotong

Tips Perawatan CVT Motor Matic

  • Lakukan servis rutin CVT setiap 8.000 – 10.000 km.
  • Periksa kondisi roller, v-belt, dan sliding piece.
  • Gunakan part orisinal agar lebih awet.
  • Hindari gaya berkendara kasar yang bisa mempercepat keausan CVT.
Baca Juga:  Trik Silang Roller Motor Matic Ternyata Banyak Ruginya, Mekanik Bongkar Fakta Mengejutkan!

Bunyi kasar dari area CVT motor matic sering kali disebabkan oleh sliding piece yang aus. Meski terkesan sepele, jika dibiarkan bisa mempercepat kerusakan komponen lain di dalam CVT. Dengan biaya penggantian yang sangat murah, tidak ada alasan untuk menunda perbaikan.

Bagi pemilik motor matic harian maupun motor adventure besar seperti Honda CRF1100L DCT, merawat sistem transmisi adalah kunci agar motor tetap halus, nyaman, dan bertenaga di segala kondisi jalan.

About The Author

Copyright © All rights reserved. | EnterNews by AF themes.