Otoinfo – Penjualan Yamaha YZF R15 V4 di Indonesia belum mencapai ekspektasi, menciptakan tantangan bagi motor sport fairing generasi keempat ini. Meskipun diluncurkan dengan berbagai pembaruan dan fitur baru, R15 V4 harus menghadapi perbandingan tidak menguntungkan dengan pendahulunya, R15 V3, yang telah memukau para pecinta roda dua sejak 2017. Mari kita telaah bersama mengapa kiprah R15 V4 di pasar Indonesia masih tergolong kurang memuaskan.
Desain yang Kurang Memikat pada Yamaha YZF R15 V4
Meskipun diluncurkan dengan sejumlah fitur baru dan desain yang lebih modern, Yamaha YZF R15 V4 belum mampu mencapai popularitas yang sama dengan R15 V3. Generasi sebelumnya, R15 V3, berhasil menciptakan fenomena baru dalam kategori motor sport fairing 150cc di Indonesia sejak 2017.
R15 V3 sukses dengan desain gagah dan keren, dibarengi dengan kaki-kaki gambot ala Mugello serta fitur-fitur lengkap yang membuatnya menjadi idola di kalangan bikers.
Namun, R15 V4 tidak sepenuhnya berhasil mewarisi pesona generasi sebelumnya. Desain set depan pada bagian fairing dan lampu-lampunya kehilangan kesan kekar, gagah, dan berotot yang menjadi ciri khas R15 V3. Beberapa orang bahkan merasakan sedikit sentuhan desain India yang tidak begitu disukai.
Harga yang Menyulitkan
Faktor kedua yang menjadi hambatan penjualan YZF R15 V4 adalah harganya yang tinggi. Meskipun Yamaha menyematkan berbagai fitur keren seperti quick shifter, traction control, white connect, lem ABS dual channel, dan lampu projector pada R15 V4, fitur-fitur ini hanya tersedia pada varian tertingginya, R15M, dengan harga mencapai 44,5 juta rupiah.
Sementara itu, varian standarnya dijual seharga 39,8 juta rupiah tanpa beberapa fitur canggih tersebut. Hal ini membuat sejumlah bikers beralih ke motor sport fairing 250cc bekas, seperti CBR 250R generasi awal, Kawasaki Ninja 250 FI, atau R25 dari Yamaha, yang bisa menjadi alternatif lebih terjangkau.
Persaingan dengan Motor 250cc
Kondisi ini semakin diperparah dengan adanya pilihan motor sport fairing 250cc baru di kisaran harga yang sama, seperti Ninja 250SL dari Kawasaki. Para calon pembeli R15 V4 menjadi bingung dalam memilih antara tetap memilih R15 V4 atau beralih ke motor sport fairing 250cc yang menawarkan performa yang lebih besar.
More Stories
Sensasi Touring ke Tuntrum Gasblok Kawasan Borubudur, New PCX 160 Tunjukkan Taringnya Bersama Media dan Influencer
Proliner Clutch Spring, Solusi Tarikan Maksimal Tanpa Selip Kopling!
Geely Boyue-Series Mencetak Rekor: Terjual 2 Juta Unit dalam 107 Bulan, Mobil China Terlaris di Dunia!