Otoinfo.id

Portal Informasi Otomotif Indonesia

Ternyata Tiap Kilometer Segini Motor Matic Wajib Servis CVT Biar Bebas Gredek

Ternyata Tiap Kilometer Segini Motor Matic Wajib Servis CVT Biar Bebas Gredek

Ternyata Tiap Kilometer Segini Motor Matic Wajib Servis CVT Biar Bebas Gredek

Otoinfo.id – Banyak pengguna motor matic mengeluhkan munculnya gredek atau getaran kasar terutama saat tarikan awal. Penyebab utamanya bukan mesin, melainkan CVT (Continuously Variable Transmission) yang kotor karena tumpukan debu, kampas aus, hingga pelumas yang sudah tidak optimal.

Jika dibiarkan, bukan hanya mengganggu kenyamanan berkendara, tetapi juga berpotensi mempercepat kerusakan komponen CVT seperti roller, v-belt, dan pulley.

Kapan Motor Matic Harus Servis CVT?

Jadwal Servis CVT Standar Pabrikan

Menurut Anggi, mekanik bengkel R59 Racing di Ciputat, servis CVT memiliki interval berbeda dengan ganti oli mesin.

“Jika berdasarkan standar atau SOP dari pabrikan, area CVT harus diperiksa dan dibersihkan setiap 8.000 km sekali,” jelas Anggi.

Artinya, jika motor digunakan setiap hari, servis CVT biasanya dilakukan sekitar 6–12 bulan sekali tergantung intensitas pemakaian.

Baca Juga:  Sharp LED Tail Light: LED Lampu Belakang Honda Berdesain Tajam dan Keren

Baca Juga: Pemilik Gak Sadar, Beberapa Hal Ini Jadi Penyebab V-belt Motor Matic Cepat Putus

Dampak Jika Servis CVT Terlambat

  • Getaran semakin terasa parah.

  • Tarikan motor jadi berat dan boros bensin.

  • Komponen CVT cepat aus dan harus diganti.

Tips Aman Saat Servis CVT Motor Matic

1. Hati-Hati Saat Membuka Pulley

Pulley adalah komponen penting di dalam CVT. Saat membuka mur pulley, mekanik perlu hati-hati karena drat pada as pulley bisa cepat rusak bila salah perlakuan.

Baca Juga:  Sokbreker Honda Mobilio Mulai Tak Nyaman? Ini Ciri-Ciri Harus Segera Diganti!

2. Gunakan Kunci Torsi untuk Pengencangan

Anggi menegaskan, pengencangan mur pulley sebaiknya tidak dilakukan asal-asalan.

“Untuk menghindari kerusakan drat, gunakan kunci torsi saat mengencangkan mur pulley CVT motor matic,” tambahnya.

Baca Juga: Ini Penyebab CVT Motor Matic Tiba-tiba Jadi Gredek Saat Digunakan

Saat melepas mur, penggunaan impact wrench baik listrik maupun kompresor masih diperbolehkan. Namun untuk pemasangan, kunci torsi lebih aman agar kekencangan sesuai standar.

Baca Juga:  Penting! Cek Odometer Mobil Bekas Sebelum Membeli

Servis CVT motor matic bukan hanya soal kenyamanan, tetapi juga soal umur panjang komponen transmisi. Idealnya, servis CVT dilakukan setiap 8.000 km sekali sesuai rekomendasi pabrikan.

Dengan perawatan berkala, motor matic bisa terbebas dari gredek, tarikan lebih halus, dan komponen CVT lebih awet. Jadi, jangan tunggu rusak dulu baru servis, karena mencegah selalu lebih baik daripada memperbaiki.

About The Author

Copyright © All rights reserved. | EnterNews by AF themes.