Tertarik Meminang Honda City i-DSI? Simak Dulu Kelebihan dan Kekurangannya.

Tertarik Meminang Honda City i-DSI? Simak Dulu Kelebihan dan Kekurangannya.

Otoinfo – Mungkin belum banyak yang tahu bahwa Honda City i-DSI GD8 ini merupakan versi sedan dari Honda Jazz GD3.

Diperkenalkan pertama kali pada tahun 2003, Honda City i-DSI menjadi salah satu model unggulan PT Honda Prospect Motor saat itu.

Sejarah dan Pencapaian

Saat diluncurkan, penjualan Honda City i-DSI mencapai 7.680 unit dan terus meningkat, mencapai 8.330 unit pada tahun 2004.

Mobil ini, yang awalnya diimpor utuh dari luar negeri, kemudian dirakit lokal setahun kemudian karena permintaan pasar yang terus berkembang.

Honda City i-DSI meraih gelar Indonesian Customer Satisfaction Award (ICSA) kategori sedan secara berturut-turut dari 2003 hingga 2005. Pada tahun 2004, mobil ini juga meraih penghargaan “Best Mini Sedan” di Jakarta Motor Show 2004.

Baca Juga:   Honda PCX 2024: Desain Terbaru yang Mengejutkan dan Mesin 175cc, Siap Goyang Pasar Skutik!

Kelebihan Honda City i-DSI:

  1. Kabin Lapang dan Fitur Ultra Seat:
    • Dimensi kabin yang kompak namun lapang.
    • Legroom dan headroom yang luas.
    • Fitur Ultra Seat dengan 4 mode: Utility, Long, Tall, dan Refresh Mode.
  2. Mesin SOHC i-DSI yang Responsif:
    • Mesin L15A 4-silinder SOHC 8-valve berkapasitas 1.496 cc i-DSI.
    • Tenaga 87 PS @5.500 rpm dan torsi 128 Nm @2.700 rpm.
    • Mesin responsif dan gesit, baik dalam perjalanan kota maupun di luar kota.
  3. Irit Bahan Bakar dan Ramah Lingkungan:
    • Proses pembakaran yang hemat bahan bakar dan ramah lingkungan.
    • Mesin i-DSI dengan dua busi per silinder untuk pembakaran yang lebih efisien.
    • Konsumsi BBM mencapai 20 km/liter.
  4. Transmisi Otomatis dengan Teknologi CVT:
    • Pilihan transmisi manual 5-percepatan dan otomatis CVT 7-speed Steermatic.
    • Transmisi CVT responsif dengan teknologi paddle shift.
Baca Juga:   Yamaha Rilis New Lexi LX 155 2024! Desain Terkini dan Performa Superior Menantang Vario 160

 

Kekurangan Honda City i-DSI:

  1. Kaki-kaki Depan yang Lemah:
    • Suara ‘gluduk’ pada roda depan karena karet bushing yang getas.
    • Potensi masalah pada karet ball joint dan karet tie rod.
  2. Masalah pada Transmisi CVT:
    • Perlu perhatian khusus terkait penggunaan oli yang sesuai dan servis yang rutin.
    • Potensi masalah seperti ‘jedug’ dan respons transmisi yang kurang jika tidak terawat dengan baik.
  3. Suspensi Cenderung Stiff:
    • Suspensi dirancang agak kaku untuk stabilitas at kecepatan tinggi.
    • Bantingan terasa keras di jalan berkontur.
  4. Minim Fitur:
    • Fitur terbatas, termasuk AC with heater, Electronic Power Steering (EPS), power window, defogger, dan head unit single din.
    • Tidak dilengkapi dengan ABS dan airbags, sehingga pengemudi perlu lebih berhati-hati.
  5. Pilar A Tebal:
    • Pilar A yang tebal dapat mengurangi visibilitas dan membuat blind spot lebih besar.
Baca Juga:   Mengungkap Fakta di Balik Mitsubishi Xpander! Kelebihan yang Mencolok dan Tantangan yang Menanti

Harga bekas Honda City i-DSI yang mencapai Rp60 jutaan membuatnya menjadi pilihan yang terjangkau untuk kebutuhan sehari-hari.