Terungkap Ternyata Esemka Bima EV Bukan Buatan Indonesia

Terungkap Ternyata Esemka Bima EV Bukan Buatan Indonesia

OtoinfoEsemka, sebuah brand mobil asal Indonesia yang dikenal sebagai mobil nasional, telah menjadi sorotan dalam beberapa waktu terakhir. Meskipun jejaknya telah lama tak terdengar, tiba-tiba Esemka muncul dengan produk baru: mobil listrik berbentuk MPV Van. Produk ini diberi nama Esemka Bima EV dan pertama kali dikenalkan pada ajang IMS 2023 lalu.

Esemka Brand Mobil Nasional yang Ternyata Bukan Lokal

Kehadiran Bima EV Langkah Maju Namun dengan Harga Mahal

Esemka Bima EV langsung menarik perhatian publik karena sebagai merk lokal, Esemka telah berhasil menciptakan mobil listrik. Namun, kegembiraan ini dibayangi oleh fakta bahwa harga Mobil tersebut  sangatlah mahal. Dijual seharga Rp540 jutaan di Indonesia, harga tersebut jauh melebihi harga mobil listrik sekelasnya. Bahkan jika dibandingkan dengan mobil konvensional, harga tersebut bisa mencapai harga Toyota Innova Zenix seharga Rp500 jutaan.

Baca Juga:   Smartphone Realme 11 Terbaru Dengan Kamera 108 MP, Edan?

Esemka Bima EV Bukan Buatan Lokal, Ternyata dari China

Usut punya usut, terungkap bahwa Bima EV bukanlah buatan lokal Indonesia. Mobil ini merupakan hasil kerja sama dengan salah satu brand mobil asal China. Bahkan, Bima EV didatangkan langsung secara CBU (Completely Built-Up) dari China, menjadikan harganya melonjak secara signifikan. Hal ini menimbulkan polemik dan kritikan dari masyarakat terhadap brand Esemka.

Spesifikasi dan Desain Esemka Bima EV

Bima EV tidak hanya menarik perhatian karena statusnya sebagai mobil listrik dari brand lokal yang mendapat perhatian luas, tetapi juga karena spesifikasi dan desainnya yang menarik. Berikut ini adalah informasi lebih rinci mengenai spesifikasi dan desain mobil ini:

Baca Juga:   Neta V 2024 Merespons Persaingan dengan Wuling Binguo EV

Spesifikasi Teknis Esemka Bima EV

Bima EV dilengkapi dengan baterai berkapasitas 49,1 kWh yang menghidupkan mesin dengan tenaga sebesar 100 Hp. Dengan baterai ini, mobil ini mampu menempuh jarak hingga 300 km dengan sekali pengisian penuh. Mesin listriknya tidak hanya membuatnya ramah lingkungan, tetapi juga memberikan performa yang cukup untuk kebutuhan sehari-hari.

Penggerak Roda Belakang (RWD)

Salah satu fitur menarik dari Bima EV adalah penggunaan penggerak roda belakang (RWD). Sistem penggerak ini memberikan sensasi berkendara yang stabil dan responsif, terutama dalam kondisi jalan yang berliku atau licin. Hal ini juga meningkatkan efisiensi energi karena meminimalkan kehilangan tenaga yang umumnya terjadi pada sistem penggerak roda depan.

Baca Juga:   Vario 125 2024 di Filipina Ada Edisi Terbatasnya! Apakah Akan Masuk Indonesia?

Desain Yang Memperkuat Identitas Esemka

Dari segi desain, Esemka Bima EV memiliki wajah yang mirip dengan saudaranya, Bima pick up. Desain yang khas ini memperkuat identitas Esemka sebagai brand mobil nasional. Meskipun demikian, desainnya tetap modern dengan sentuhan futuristik yang membedakannya dari mobil konvensional lainnya. Otoinfo.