Test Jerez MotoGP: Ducati Test Winglets Untuk Belakang

Otoinfo.id – Setelah melakukan terobosan dengan membuat aero-fairing (winglets) untuk bagian depan, kini Ducati melakukan riset baru terkait aerodinamika. Letaknya bukan lagi di depan, melainkan pada bagian belakang.

Paket aerodinamikan ini terletak dibagian jok rider. Tepat di ujungnya terdapat 2 winglets yang menempel. Tentu Ducati memiliki tujuan khusus.

Baca Juga : MotoGP: Terungkap Hitungan Down Force Pada Winglets Motor MotoGP

Yakni manipulasi udara bukan hanya pada bagian depan, melainkan diteruskan hingga belakang. Dalam hal ini aliran udara dimanfaatkan untuk memaksimalkan traksi pada roda belakang. ““Kami mencoba part baru pada bagian belakang jok,” jelas Danilo Petrucci.

Hasil uji coba tersebut belum menampakan hasil. Danilo Petrucci nampak belum puas dengan efek dari part tersebut. “Saya berusaha untuk memahami part baru tersebut. Namun feeling saya masih buruk dengan part baru tersebut. Kami terus mencoba dan mencoba. Memasang jok baru tersebut, kemudian melepaskan. Lantas kami coba pasang lagi dan melepasnya. Kami terus menerus mencoba jok tersebut,” jelas Danilo Petrucci.

Petrucci menjelaskan bahwa ketika balapan, posisi pembalap selalu berubah. Ketika top speed, menikung bahkan saat engine brake tubuh rider akan berubah. Maka akan banyak perubahan aliran udara ketika itu menuju ke belakang. “Sehingga saat Andrea Dovizioso mencobanya, dia tidak merasakan apapun efek dari part itu,” lanjut Petrucci.

Tandem Dovi tersebut memberikan sedikit analisa soal winglets pada jok. “Seharusnya mulai dari belakang aliran udara sudah dimanipulasi agar bisa dimanfaatkan oleh winglets belakang. Mungkin itu yang harus dicari solusinya,” tutup rider bernomor 9 ini. MT4