Test Qatar: Ducati Aplikasi Winglet Swingarm

Otoinfo.id – Ducati terus menerus melakukan pengembangan terhadap aerodinamika. Setelah winglet 3 pasang, torque arm hingga winglet di bagian buritn, kini Ducati memberi gebrakan dengan winglet pada swingarm.

Letaknya berada di bawah suspensi belakang, dekat dengan roda. Desainnya mirip dengan air scoop, namun di dalamnya terdapat 3 lembar wings yang menempel. Dari pihak Ducati, belum ada penjelasan mengenai fungsi part baru ini.

Namun bisa dianalisa bahwa winglet tersebut memiliki tugas memanipulasi angina di bawah motor untuk bisa menambah down force walaupun nilainya kecil. Uniknya justru gaya tekan ke bawah ini diperuntukan pada swingarm.

Tujuannya agar saat top speed, suspensi belakang tidak banyak melakukan daya tekan ke aspal sebab sudah dibantu oleh down force tadi.

Selain dari itu, ada fungsi lain dari winglet berbentuk air scoop, yakni sebagai pendingin roda belakang. Dari desainnya memang air scoop ini mengarah pada roda belakang. Sehingga saat kecepatan tinggi, mampu dengan cepat mendinginkan roda.

Memang ini yang beberapa waktu ini jadi kendala Ducati, yakni overheat pada bagian karet ban. Dengan cara ini suhu tinggi dari roda bisa direduksi untuk menciptakan traksi roda saat akan masuk tikungan. Ducati oh Ducati. MT4

Baca Juga : MotoGP: Ducati Uji Coba Fairing 6 Winglet
Baca Juga : MotoGP: Suzuki Kembangkan Winglet Kumis Lele
Baca Juga : MotoGP: Terungkap Hitungan Down Force Pada Winglets Motor MotoGP