Theodorus Donny Kristanto Gunadi (Owner Yamaha Donnys Motor) : Berani Nekat, Kemauan Kuat, Bisnis Melesat

Theodorus Donny Kristanto Gunadi (Owner Yamaha Donnys Motor)

Otoinfo.id-Senin (29/4) lalu, portal ini berkesempatan anjangsana ke Yamaha Donny’s Motor di Salatiga, Jateng. Berjumpa langsung dengan Theodorus Donny Kristanto Gunadi selaku owner, Otoinfo.id menyibak kisah sukses Bro Donny-sapaan akrabnya-membangun bisnisnya. Dari semula bengkel kecil yang hanya berukuran 5 meter x 3 meter pada 2003, hingga menjadi Bengkel Yamaha (2S) R Premium pada 2017. Makin spesial, di tahun 2018 memperoleh predikat sebagai The Best NPE (Network Performance Evaluation). Sebuah penghargaan sangat bergengsi yang mencakup segala aspek penilaian bengkel modern yakni target bengkel, service, peralatan, managemen, pelayanan. Wow!

Yamaha Donnys Motor: Meraih Best NPE (Network Performance Evaluation) 2018

“Buka bengkel ditahun 2003 dengan ukuran 5 kali 3, bergabung dengan Yamaha Indonesia tahun 2006. Orang tua kami kebetulan berbeda aluran bisnis, ayah saya kontraktor ibu saya butik baju pernikahan. Saya mengawali karir benar-benar dari nol karena tidak ada background keluarga di bidang ini. Harus berupaya semuanya sendiri, kadang harus rugi dan harus terbentur dengan kondisi jaman sekarang dimana dalam berbisnis harus modal beda. Tapi saya jalani pelan-pelan dan dalam arti telaten tanpa putus atas dengan kemauan yang kuat,”ungkap pria kelahiran Salatiga 17 Januari 1980 itu.

Bengkel Kelas Premium

Bekal kemauan yang kuat itu, dari awalnya bengkel yang sederhana telah menjadi bengkel Yamaha kelas Premium yang dilengkapi dengan 14 fit, 11 bikelift, 18 mekanik, 2 SA, 8 service counter dan sparepart. “Tahun 2006 kami mulai dari bengkel Yamaha 2S dengan 4 fit, 2 bikelift dan berlanjut pada tahun 2007 berkembang jadi 4 bikelift, 6 fit. Lalu, pada tahun 2010 punya bengkel 2S yang baru di Kabupaten Semarang, dengan berjalan waktu kami coba kembangkan usaha dengan berjualan tapi masih menggunakan 3S dealer yang lain. Lalu, pada tahun 2017 resmi mendirikan bengkel 2S kelas Premium, “beber suami dari Stefanie Ellen itu.

Patut dicatat bahwa Yamaha Donnys Motor dengan bengkel kelas Premium-nya menjadi bengkel percontohon di seluruh Indonesia. “Motto hidup saya bekerja keras dan berani ambil resiko untuk berbeda. Bahwa berbisnis adalah tentang keberanian ambil resiko alias nekat. Itu yang dominan saya lakukan dalam membangun bisnis ini,”tukas pria yang juga mantan pembalap itu. Mantap! Wawan