Tiga Fungsi Dasar Lampu Motor, Honda Lovers Wajib Tahu

3 Aspek Dasar Fungsi Lampu pada Kendaraan, Simak Yuk!

Otoinfo.id – Honda lovers, tahukah kamu? Sistem penerangan pada sepeda motor sangatlah penting, selain berfungsi sebagai sumber pencahayaan, komponen ini adalah salah satu sumber informasi bagi pengendara loh. Oleh karena itu, sistem penerangan ini merupakan aspek standarisasi terbentuknya sebuah sepeda motor.

Pada dasarnya sistim penerangan dibagi menjadi tiga yakni; sumber pencahayaan, petunjuk, dan informasi.

Baca Juga:   Wajib Tahu! Kelebihan dan Kekurangan Suzuki Burgman Street 125 EX

Baca Juga: Skutik Besar Honda PCX160 dan Honda ADV160 Jadi Primadona GIIAS 2022

Empat komponen utama pada sistim penerangan, simak hal berikut!:
1. Headlamp atau lampu kepala. Komponen ini berfungsi sebagai sumber penerangan saat berkendara dan juga penanda keberadaan pengendara di jalan.

2. Lampu sein. Tidak kalah penting, komponen satu ini bertugas memberikan informasi berupa belok dan menyalip pada pengendara lain.

Baca Juga:   FP2 MotoGP Malaysia: Quartararo Masih Berkuasa, Rossi Ketiga!

3. Stoplamp atau lampu berhenti. Dalam keadaan tertentu pengendara motor akan menjumpai kondisi yang mengharuskan berhenti, contohnya saat berada di lampu merah. Nah, Hal ini berbahaya jika saat berkendara malam hari kondisi stoplamp ini tidak berfungsi. Resiko akan tersenggol bahkan tertabrak pengendara lain sangat besar.

4. Lampu panel. Komponen penerangan satu ini berfungsi sebagai indikator pada sepeda motor. Contohnya; posisi gear saat perpindahan transmisi, keterangan penggunaan lampu, informasi waktu, jarak tempuh, indikasi mesin overheat. dan beberapa hal lain, baik petunjuk maupun informasi. Karena perkembangan pesat teknologi akan terus berpengaruh pada inovasi sepeda motor.Galih

Baca Juga:   Tips : Kerak Lengket, Atasi Pakai Pembersih Toilet!