Tips: Bukan Hoax! Honda Absolute Revo ‘Citul’ 155 cc Bertenaga 20 HP, Angsa Pemangsa Macan!

OtoInfo.Id-Ini asli alias bukan kabar hoax yang lagi tenar minggu ini. Sumber infonya juga terpercaya dan bisa dicek langsung kebenarannya. Yup, Swega from RAT Motorsport asal Sidoarjo, Jatim-lah yang bertanggungjawab bila dikemudian hari terbukti berita palsu. Hehe,”Basic mesinnya Absolute Revo 110 cc dibore up jadi 155 cc dan bertenaga 20,5 HP, naik drastis dibanding bawaannya 8,78 HP,”kata Swega serius. Alhasil, inilah ‘Citul’ julukan untuk C-70-terganas, Wow!

Hasil Dyno 155 cc Tembus 20,5 HP

Swega pun lantas menjelaskan bagaimana motor milik Mr.I asal Lamongan, Jatim ini yang tadinya ‘angsa’ jadi ‘macan’. “Langkah awal setelah mesin dibelah dan dan rebuild dari pondasinya  adalah kruk as di balancing ulang dan diganti bearing kruk as nya juga biar strong nanti menerima kompresi. Big end digeser dari poros aslinya, menjadikan langkah naik ke TMA tambah jauh 2mm, serta turun lebih dalam 2 mm dari TMB asalnya. Tujuannya biar sedotannya kuat, sodokannya kenceeeng, asik asik josss.”jelas Swega yang asli punya sedotan kuat dan sodokan kenceeng itu. Wkwk..

Kruk As Balancing Ulang

Beres urusan bandul,”Lanjut ke cylinder block, piston diganti dengan punyaan Honda CS1 alias diameter 58.5 dengan menata ulang boring. Patokannya ring kompresi pertama dibuat celah 0.15 mm supaya nggak bocor tekanannya tapi juga piston ngggak seret kegesek dinding liner. Torsi dapet, enteng gerak piston juga kudu dapet. Itu namanya kombinasi efisiensi mekanikal dan termal. Kwkwkwk,”urai mekanik yang ngasih gratisan itu. Ya, minimal kasih gratis ilmu buat pembaca setia OtoInfo.Id. Hahaha..

Dome piston diatur sedemikian rupa sehingga menjadi cerminan terhadap combustion chamber-nya alias kubah ruang bakar. Itu karena klep-nya sudah disudut ulang pakai klep Sonic. Kubahnya dibentuk ulang model hemisphere,”Ya, kubah dibaut model mangkok, sengaja dome-nya  tidak dibuat tinggi biar masih bisa pakai Pertalite. Perbandingan kompresi dipatok di bawah 12:1,”lanjutnya.

Jalur masuknya bahan bakar kena sentuhan,”Pasatinya tetap spesial dengan sentuhan back cut punggung klep dan 3 angle valve seat. Lalu, biar nge-flow camshaft juga disentuh, dipapas 0.80 mm dan durasinya diperlebar 30 derajat. Hitungan ini dirasa cukup untuk menambah suplai bahan bakar ke silinder biar atasnya tidak kedodoran,”sambung Aziz asisten Swega seraya menjelaskan hasil dyno puncak tenaganya bisa samapi 11.000 rpm. Itu artinya kruk as udah nggak ada dilema, muternya enteng gitu. Hal itu tak lepas juga dari sokongan per klep Koizumi dan asupan udara dan bahan bakar dari karburator Honda NSR150 SP. Bikin tenaga motor terus padat.

Nah, untuk pelepas gas buang ditata oleh Cak Sahek,”Custom ulang diameter header dibuat 28 mm terus menggembung di step ke dua, terhubung dengan silincer orisinil yang direkayasa diganti pipa dan diisi glasswool,”terang Swega lagi. Sst..konfigurasi exhaust system made in Sahek ini menjadikan semua sisa pembakaran plong terbuang, tidak ada yang menyesak di silinder, tapi suaranya tetap relatif merdu. Paling membutuhkan kesabaran dalam menset up koplingnya,”Kawinkan kopling Karisma ke Absolute Revo hingga tenaga nggak ada selip-selipnya dan tersalur penuh ke roda,”tukas Aziz. Sip!Wawan

Spesifikasi :
Stroke up                                       : +2 mm nol paking
Bore up piston                                : Honda Sonic 58 mm
Perbandingan Kompresi                   : 11.8 : 1
Kubah                                            : Hemisphere
Konfigurasi klep                              : 28/24 mm  Sonic
Porting head                                   : Intake luar 25mm, Ex 24mmPer klep
Per Klep                                         :Koizumi Japan
Camshaft                                        : 255 derajat
Karburator                                      : PE 28mm, spuyer pilot jet 48 main jet 125
Intake manifold                               : Techno black
Knalpot                                           : Custom by Sahex Exhaust Leher 28mm silincer                                                                modif glasswool Ninja250
CDI                                                 : BRT
Kopling full                                       : Honda Karisma , pir kopling Smash
Power 20.5 hp @ 10.700 rpm
Torque 16.3 @8000 rpm

RAT MOTORSPORT INDONESIA
Alamat : Raya Bypass Juanda No. 17 SIDOARJO – JAWA TIMUR
call / wa : 081232809454
ig : ratmotorsby