Tips : Cara Bikin Suzuki Satria FU Bertenaga 35 DK, Gojek Bertenaga Badak

FU Gojek Bertenaga Badak

Otoinfo.id–Dari pabriknya Suzuki hanya memiliki power sekitar 16-17 dk. Namun di tangan RAT Racing School, powernya bisa melonjak hingga 35 dk. Angka ini setara dengan power Kawasaki Ninja 250, R2 dan CBR250RR. “Semacam FU Gojek bertenaga badak. Hehe,”buka Swega punggawa RAT Racing School. Lantas bagaimana caranya?

RAT Motorsport

Paling awal adalah dengan memperbesar kapasitas mesin. Volume Satria FU diperbesar hingga mencapai 226 cc dengan menggunakan piston Kawahara berdiameter 70 mm dan menaikkan stroke menjadi 58,8 mm. “Kemudian pintu bahan bakar dan gas buang, yakni klep in dan out pun turut diperbesar seiring dengan pembengkakan kapasitas mesin. Klep in diperbesar menjadi 25 mm dan klep out diganti 22 mm. Tentunya pembesaran ini diikuti dengan ubahan porting in dan out untuk menambah efisiensi volumetrik,”jelas Swega.

Volume Silinder 226 cc

Nah, tingginya efisiensi volumetrik ini membutuhkan dimensi karburator yang cukup besar. Untuk itu RAT mengganti karburator orisinal Satria FU ini dengan Keihin PWK 32 mm. Angka ini cukup terbukti untuk menyuplai kabut bahan bakar ke mesin berkapasitas 226 cc ini. Masih seputaran kepala silinder, camshaft juga diperhatikan juga. tinggi kem out dibuat menjadi 35,5 mm sementara kem in 36,5 mm.

Selain itu untuk bisa mengubah karakter mesin, sprocket cam dibuat adjustable, sehingga tinggi overlap kem in dan out bisa diubah untuk mencari karakter mesin yang diinginkan. Spesifikasi kepala silinder dan volume memsin yang sudah cukup mumpuni ini, membutuhkan saluran gas buang yang sesuai. Fokusnya untuk mengurangi back pressure gas buang.

“Diameter leher knalpot dibuat 29 mm, artinya diameter porting tidak jauh dari itu. Sementara panjang muffler dibuat 35 cm dengan diameter 47 mm. Untuk lubang sarangan yang berada di dalam muffler didesain 32 mm,”ungkap Ridho asisten Swega yang bermarkas di Sidorajo, Jatim.

Dynotest Powernya Mencapai 35,5 dk

Bagian final tuning dari mesin adalah timing pengapian. Timing ignition tertinggi diset pada angka 340 sebelum TMA. Sebagai pengimbang penyaalur tenaga, dibutuhkan sprocket dengan kombinasi 13 mata sprocket depan dan 35 mata sprocket belakang. Tercatat di atas mesin dynotest powernya mencapai 35,5 dk pada putaran 10.175 rpm dengan torsi maksimal 27,18 Nm di putaran 8.306 rpm. MT4/Wawan