Tips: Cara Merawat Honda Vario Injeksi Tetap Awet dan Sehat, Yuk Simak!

Merawat Vario Injeksi

OtoInfo-Honda Vario injeksi adalah salah satu motor matic Honda yang paling sering kita jumpai di jalanan nusantara. Motor matic Honda satu ini bisa dibilang salah satu motor terlaris. Hampir semua kalangan masyarakat Indonesia familiar dengan sepeda motor matic satu ini. Selain irit Honda Vario juga sangat bisa di andalkan untuk menunjang aktivitas baik berpergian ataupun untuk bekerja.

Baca Juga : Astra Motor Yogyakarta Gelar Honda CB150X Xscape

Semua pemilik kendaraan bermotor pasti ingin tungganganya awet dan sehat. Selain menekan jumlah pengeluaran bulanan, kesehatan motor adalah hal yang vital. Hal itu lantaran masyarakat Indonesia masih memilih sepeda motor sebagai mode transportasi utama karena lebih fleksibel dalam menunjang aktivitas sehari-hari.

Nah, apa saja hal yang harus di perhatikan dalam penggunaan dan perawatan Honda Vario Injeksi? Perhatikan Tips Berikut!

  1. Sempatkan memanaskan mesin sebelum digunakan

Mungkin hal ini sepele tetapi penting karena proses sederhana ini membuat oli mesin pada motor lebih encer. Jadi fungsi oli sebagai pelumas lebih baik selain itu proses memanaskan ini juga berpengaruh pada komponen lainya ini merupakan perawatan mendasar dan sederhana untuk para pemilik sepeda motor injeksi. Cara memanaskanya tidak perlu di geber cukup nyalakan saja sepeda motor lalu biarkan selama 3-6 menit.

  1. Penggantian oli mesin secara berkala dan teratur

Nah, penggantian oli mesin ini ditujukan agar komponen di dalam mesin tetap sehat dan awet mengingat oli mesin adalah pelumas yang fungsi utamanya melumasi seluruh komponen di dalam mesin. Untuk standar penggantian nya adalah 2000KM atau juga bisa dua bulan sekali tergantung penggunaan.

  1. Manajemen bahan bakar

Artinya, pengguna sepeda motor wajib mengetahui estimasi penggunaan bahan bakar. Akan tidak lucu jika kehabisan bahan bakar saat perjalanan efek yang di timbulkan yaitu mencakup kerusakan pada sistim komponen injeksi hal ini sangat vital karena harga komponen injeksi tidak murah. Selanjutnya gunakan bahan bakar tanpa timbal, bisa pertamax atau pertalite.

  1. Biasanya pengguna baru motor matic awam untuk hal ini. Jangan lupa sempatkan waktu untuk mengecek air pendingin dan oli gardan.
  2. Lakukan pengecekan V-Belt untuk memperkirakan umur pakai V-Belt guna mengurangi resiko V-Belt putus di tengah perjalanan.
  3. Memahami fungsi dan cara pakai bagasi untuk ukuran kapasitas bagasi Honda Vario Injeksi adalah 13 liter. Jadi isi bagasi sesuai kebutuhan dan perhatikan kapasitas standar karena Honda Vario Injeksi menggunakan sistem shockbreaker tunggal.
  4. Mencuci kendaraan. Ini di tujukan untuk menghindari korosi dan juga metode sederhana merawat cat pada kendaraan kesayangan.

Demikian beberapa tips perawatan Honda Vario Injeksi agar tetap sehat dan awet saat di gunakan. Galih

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here