Tips: Ingin Lampu Motor Jadi Lebih Terang? Pakai Kiprok Ini!

Keprok dari motor Vespa bisa membuat lampu motor menjadi lebih terang

Otoinfo.id – Kiprok adalah bagian terpenting dari kelistrikan sepeda motor, karena kiprok berfungsi menstabilkan arus dari spul menuju ke aki. Namun kiprok juga bisa membuat lampu motor kalian jadi lebih stabil dan terang.

Dijelaskan Oki Tarjo, selaku pemilik bengkel Elang Motor, Wonosobo. Kiprok dari motor Vespa bisa membuat lampu motor menjadi lebih terang. Karena voltase yang dihasilkan dari kiprok ini lebih besar.

Baca juga : Tips: Lampu Rem NMax Sering Mati? Ini Solusinya!

“Saya biasanya kalau membuat lampu lebih terang, saya mengaplikasikan kiprok milik Vespa. Itu karena voltase yang dikeluarkan lebih besar. Untuk harnyanya dikisaran RP 300-400 ribuan itu yang ori,” ucap Oki.

Namun dengan voltase yang besar, maka harus diimbangi dengan pengisian yang sesuai, bila terlalu besar pengisian ke aki maka akan terjadi overcharge. untuk itu Oki juga menambahkan beberapa komponen.

“Kalau pakai kiprok Vespa harus ada keprok satu lagi untuk menstabilkan pengisian menuju aki. Kalau tidak ada keprok untuk mengontrol pengisian, maka akan terjadi overcharge ata pengisian yang terlalu besar,” tukas Oki.

Baca juga : Berbagi Ilmu Bersama Tiga Pembalap Nasional, OneSixEight MX Team Bikin Open Class!

Oki juga mengatakan tentang lampu yang digunakan, biasanya 100/300 watt masih kuat, atau jika ingin lebih terang lagi gunakan lampu HID atau semacamnya.

“Biasanya saya cukup pakai yang 100/300 watt udah terang kok, namun kalau ada dana lebih bisa pakai HID,” Tambahnya. Bagus Adit