Tips : Jangan Buang Sisa Oli Transmisi Manual Mobil, Bisa Untuk Pelumas Rantai Motor!

Otoinfo.id – Bagi pemilik kendaraan roda empat tentunya sering mengganti oli transmisi, biasanya dalam setiap 40.000 km harus ganti. Apalagi bagi yang sering jalan jauh. Dalam penggantian oli tersebut biasanya ada yang lebih di salah satu kaleng atau botolnya. Nah, daripada dibuang dan mencemari lingkungan lebih baik digunakan untuk melumasi rantai motor saja.

Lebih Tahan Lama.

“Yup, oli transmisi manual dengan kekentalan SAE 90 ini dinilai lebih bagus untuk melumasi rantai dibanding chain lube yang cenderung lebih encer. Apalagi saat memasuki musim penghujan, chain lube bakal lebih cepat hilang karena air hujan dan berakibat karatan pada rantai,”ungkap Dadang dari Saka Jaya Motor di Gemuruh, Banjarnegara, Jateng.

Oli transmisi manual dengan kekentalan yang lebih baik ini akan lebih tahan lama dalam melumasi rantai dan tentunya murah meriah karena pakai oli sisa. Jadi, kita bisa menghemat biaya juga karena tidak perlu lagi beli chain lube.

Langkah pertama tentunya bersihkan dahulu rantainya, lalu keringkan. Setelah itu lumasi pakai oli transmisi manual, diusahakan menyeluruh ya. Lalu biarkan beberapa menit, agar oli meresap ke sela-sela rantai. Yuk dicoba! Aji