Tips : Kenali Bunyi Abnormal Pada Rem, Begini Cara Megatasinya!

Otoinfo.id – Rem merupakan perangkat penting dalam kendaraan bermotor. Yup, karena rem fungsinya untuk memperlambat dan menghentikan laju kendaraan saat berjalan, jadi sangatlah penting peran sebuah rem untuk kendaraan bermotor. Tidak sedikit pengendara yang ‘apes’ dikarenakan masalah pada sistem rem. Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, maka sebaiknya cek komponen yang ada pada sistem rem. Seperti minyak rem dan kampas rem. Minyak rem harus selalu di atas tanda lower dan warna tidak berubah dengan warna minyak rem saat baru. Jika minyak rem berubah warna, itu tandanya kualitas sudah menurun dan harus diganti.

Nah, sebagai pengendara tentu sering menjumpai bunyi rem ‘cit-cit’ atau ‘srek-srek’ pada rem. Kadang ada yang menyepelekan tentang bunyi ini. Namun, perlu diketahui bunyi tersebut berasal dari kampas rem yang kotor. Kampas rem kotor tidak hanya menyebabkan bunyi, tapi juga dapat merusak komponen yang berhubungan dengan kampas rem, seperti piringan cakram dan tromol untuk sistem rem yang masih tromol. Menyebabkan keduanya jadi luka dan sangat mengancam umur piringan cakram dan tromol. Jadi sangat dianjurkan bagi pengendara untuk sering cek kampas rem.

“Karena gesekan kampas rem sehingga menimbulkan kotoran yang membuat bunyi aneh pada rem, hal ini juga sangat rentan terhadap tromol. Karena dapat menimbulkan masalah dan merusak tromol,” ungkap Eko Heryanto, mekanik bengkel service di daerah Jl. Gunung Muria RT 02 RW 08, Purwokerto, Jawa Tengah. Eko juga menambahkan jika tidak hanya kampas rem yang kotor penyebab dari bunyi aneh tersebut. Tapi penggunaan komponen yang tidak asli atau imitasi juga bisa menyebabkan bunyi aneh.

Eko juga mengatakan cara sederhana mengatasi kampas rem yang kotor, “Tinggal cek dan lepas kampas rem, jika terlihat kotor sebaiknya gunakan semprot kompresor untuk membersihkan, atau juga dapat di amplas tipis-tipis,” jelas pria lajang kelahiran 1994 ini. Aji