Tips : Kenali Kedipan Lampu Indikator Matic Honda, Begini Cara Bacanya!

Otoinfo.id – Fitur PGM-FI yang dimiliki oleh Honda ini memiliki berbagai kelebihan, terutama lampu indikator penunjuk kerusakan motor. Pada motor Matic Honda, kerusakan tidak hanya diprediksi dari suara, performa maupun gejala fisik yang muncul. Maka dari itu Lampu ini lah yang sangat berguna untuk mengecek kerusakan.

Lampu tersebut dikenal dengan istilah Malfunction Indicator Lamp (MIL), berwarna orange dan terletak pada speedometer. Jika motor di hidupkan dan MIL menyala terus menerus (berkedip), itu tandanya motor sedang bermasalah. Ada banyak kedipan di lampu indikator ini, lantas bagaimana cara  pola hitungnya?

Kedipan panjang (berlangsung selama 1,3 detik), satu kedipan panjang adalah ekuivalen dengan sepuluh kedipan pendek. Kedipan pendek (berlangsung selama 0.3 detik), satu kedipan pendek adalah ekuivalen dengan satu kedipan. Misalnya nih, kedipan panjang satu kali lalu di ikuti kedipan pendek dua kali, berarti dibaca 12 kali. Begitu pun dengan kedipan pendek selama 8 kedipan, maka dibaca 8 kali.

Untuk motor Matic Honda… Yuk simak kodenya dibawah ini. Aji

1 kedipan menandakan Sensor MAP (Manifold Absolute Pressure) – Kode ini memastikan motor Anda mengalami kerusakan pada Manifold Absolute Pressure (MAP) yang mendeteksi tingkat kevakuman pada intake manifold.

7 kedipan menandakan Sensor EOT/ECT (Engine Oil /Coolant Temperature) – Apabila kode ini muncul, Engine Oli Temperatura atau Engine Coolent Temperature mengalami gangguan. Gangguan ini menyebabkan sistem pembakaran tidak bisa bekerja secara maksimal yang berimbas pada pemborosan bahan bakar.

8 kedipan menandakan Sensor TP (Throttle Position) – Kode ini menunjukkan terjadinya gangguan pada sensor Throttle Position. Kerusakan pada sensor tersebut menyebabkan pemborosan bahan bakar dan sulit starter.

9 kedipan menandakan Sensor IAT (Intake Air Temperature) – Dipastikan Intake Air Temperature Anda mengalami gangguan. IAT sendiri bekerja dengan cara mendeteksi suhu udara yang melewati throttle body, kemudian mengubah suhu menjadi sinyal listrik yang dikirim ke ECU. Dengan adanya sensor IAT, jumlah bahan bakar yang diinjeksikan akan selalu pada tingkat yang optimal.

12 kedipan menandakan Sensor Injektor – Kode ini menunjukkan Injector sepeda motor Anda mengalami masalah. Gangguan ini biasanya menyebabkan motor tak bisa dinyalakan.

21 kedipan menandakan Sensor O2 – Oxigen sensor – Gangguan sensor O2 akan diproyeksikan melalui kode ini. Sensor ini sendiri befungsi untuk mendeteksi gas buang terhadap gas-gas beracun dan kondisi pembakaran mesin.

29 kedipan menandakan Sensor IACV (Intake Air Cut Valve) – Idle Air Control Valve merupakan komponen yang membantu dalam penyalaan mesin. Apabila kode ini muncul, dipastikan IACV Anda mengalami gangguan.

33 kedipan menandakan ECM (Engine Control Module) – Apabila Anda mengalami kode ini, dipastikan sepeda motor Anda tidak akan bisa menayala. Pasalnya kode ini mengindikasi bahwa terjadi gangguan pada ECM (Engine Control Module) yang merupakan otak dari seluruh pengaturan sistem injeksi.

54  kedipan menandakan Sensor BAS (Bank Angle Sensor) – Kode ini menunjukkan terjadi kerusakan pada sensor Bank Angle. Sensor ini berfungsi mematikan tenaga ketika mesin mengalami kemiringan mencapai 60 derajat.