Tips: Lakukan Hal Berikut, Supaya Tangki Tidak Berkarat!

Tangki bahan bakar yang berkarat

Otoinfo.id – Tangki motor bocor adalah salah satu masalah yang mungkin menjengkelkan. Hal tersebut salah satunya disebabkan karena bagian dalam tangki telah berkarat. Selain menyebabkan bocor, kotoran karat juga bisa menyumbat aliran bahan bakar.

Baca juga : Kawahara IRC IDC 2020 Wonosari (Seri1): Tak Bersama Moon Racing, Chaca Yess ‘Dicerai’?

Dilansir dari Kompas.com, Asep Suherman, Kepala Bengkel Honda, AHASS Daya Motor Cibinong dan Megamendung, Bogor, mengatakan, sebelum tangki bahan bakar mengalami korosi atau karat sebaiknya isi tangki dengan secara penuh.

“Isi bahan bakar secara full tank dan jangan biarkan bahan bakar mengendap di dalam tanki terlalu lama,” kata Herman panggilannya kepada Kompas.com, Rabu (11/3)

Herman menjelaskan, tangki yang berkarat biasanya disebabkan karena tangki bahan bakar sering kosong lalu menimbulkan embun dan air. Hal itu mengakibatkan tangki berkarat.

Baca juga : ITGP 2020 : PT STSJ Saring 404 Teknisi, Ini Dia Wakil Terbaik Jatim!

Selain itu Herman juga mengatakan, jangan membiarkan kendaraan mati terlalu lama. Hal itu bisa menyebabkan bahan bakar mengendap di tangki.

“Usahakan panaskan kendaraan setiap hari minimal bahan bakar di tanki bisa terkonsumsi oleh kendaraan,” katanya.

Selain itu kata Herman, kendaraan yang jarang digunakan atau tidak digunakan sama sekali, akan mengakibatkan tangki berkarat secara bertahap. Biasanya karat akan timbul beberapa tahun kedepan.

“Biasanya jika motor jarang digunakan atau motor tidak digunakan sama sekali biasanya satu tahun kemudian karat itu akan timbul,” katanya. Bagus Adit