Tips: ‘Masker Ojol’ Lebih Ampuh Cegah Covid-19 (Corona) Dibandingkan Masker N95, Kenapa?

Otoinfo.id – Saat ini masyarakat Indonesia sedang dikhawatir dengan adanya virus Covid-19 (corona). Sebagian masyarakat memburu masker untuk mencegah virus corona ini. Dilansir dari detikOto, Wibisono seorang dokter di RS Dr. Moewardi Solo, PKU dan RS Indiarti Solo yang juga hobi dengan motor gede mengatakan, ‘masker ojol’ lebih ampuh dibandingkan masker N95 untuk mencegah corona.

Baca juga Antisipasi Virus Corona, Kejurnas Oneprix Ditunda!

“Yang pasti masker untuk bedah bisa menangkal corona. Itu lebih baik dari masker N95, cuma masker bedah itu hanya untuk sekali pakai saja. Karena apabila dicuci dan digunakan berulang-ulang daya saringnya berubah,” ujarnya.

Untuk diketahui masker N95 memiliki satu lapisan filter, dapat menyaring 95 persen partikel yang berukuran > 0,3 mikron sehingga efektif untuk menyaring virus hingga polutan. Dan dilapisi dengan karbon aktif.

Baca juga : MotoGP Tunda Seri, Kata FIM Musim Ini Akan Tetap Dilangsungkan Sampai 2021

Masker N95 juga tidak direkomendasikan untuk anak-anak, ibu hamil, lansia dan pasien paru kronik serta penggunaan di dalam rumah.

Sementara ‘masker ojol’ atau masker yang digunakan untuk bedah ini memiliki lapisan yang tipis. Masker ini pun relatif murah dan mudah di dapat. Kemenkes dan WHO pun menyarankan sebaiknya hanya orang sakit yang menggunakan masker. Bagus Adit

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here