Otoinfo.id

Portal Informasi Otomotif Indonesia

Tips Merawat Mesin 250cc DOHC dengan Assist/Slipper Clutch di Honda CRF250 RALLY agar Tetap Tangguh

Tips Merawat Mesin 250cc DOHC dengan Assist/Slipper Clutch di Honda CRF250 RALLY agar Tetap Tangguh

Otoinfo.id – Honda CRF250 RALLY dibekali dengan mesin 250cc DOHC (Double Overhead Camshaft) yang terkenal responsif dan kuat di berbagai medan. Mesin ini juga didukung fitur modern berupa Assist/Slipper Clutch, yang memberikan kenyamanan dan keamanan saat perpindahan gigi terutama di jalur turunan curam atau saat pengereman agresif.

Teknologi ini canggih, tapi juga menuntut perawatan lebih detail dan rutin agar performa tetap maksimal dan komponen tidak cepat aus. Berikut ini adalah tips perawatan yang bisa Anda lakukan.

Tips Merawat Mesin 250cc DOHC + Assist/Slipper Clutch Honda CRF250 RALLY

1. Gunakan Oli Mesin Berkualitas dan Ganti Secara Teratur

Mesin DOHC bekerja pada rpm tinggi dan memerlukan pelumasan optimal. Gunakan oli motor khusus untuk motor sport atau trail 4-tak yang sesuai dengan spesifikasi pabrikan. Ganti oli secara rutin setiap 2.000–3.000 km atau sesuai penggunaan ekstrem Anda.

Oli yang bersih juga melindungi mekanisme slipper clutch agar perpindahan gigi tetap halus dan tidak menimbulkan slip berlebih.

2. Cek Kondisi Kopling Secara Berkala

Mesin CRF250 RALLY dilengkapi assist clutch yang meringankan tuas kopling serta slipper clutch yang mencegah roda belakang terkunci saat engine brake. Meskipun kuat, kampas kopling tetap bisa aus seiring pemakaian.

Periksa ketebalan kampas kopling dan kondisi pegas kopling saat servis berkala. Jika terasa selip saat akselerasi, segera konsultasikan ke bengkel.

Baca Juga:  Honda BeAT 2025 Makin Canggih! Fitur Premium Kini Hadir di Skutik Murah Meriah

3. Gunakan Teknik Perpindahan Gigi yang Halus

Meski slipper clutch memudahkan downshift tanpa mengunci roda, hindari kebiasaan menurunkan gigi terlalu cepat saat rpm tinggi tanpa deselerasi bertahap. Teknik berkendara yang kasar bisa mempercepat keausan gearbox dan clutch system.

4. Bersihkan Filter Udara Secara Rutin

Mesin DOHC sangat bergantung pada asupan udara bersih untuk pembakaran sempurna. Pastikan filter udara dalam keadaan bersih, terutama setelah berkendara di jalur berdebu atau off-road. Bersihkan setiap 1.000 km atau setelah perjalanan berat.

Baca Juga:  Mesin 250cc DOHC CRF250L Kini Dilengkapi Assist/Slipper Clutch: Tarikan Lebih Ringan, Engine Brake Lebih Halus!

5. Panaskan Mesin Sebelum Berkendara

Selalu panaskan mesin minimal 2–3 menit sebelum digunakan. Ini memberi waktu bagi oli untuk bersirkulasi dan melumasi seluruh komponen mesin serta sistem kopling.

6. Gunakan Bahan Bakar Berkualitas

Mesin 250cc DOHC Honda memiliki rasio kompresi tinggi (10,7:1). Maka sangat dianjurkan menggunakan bensin beroktan minimal RON 92 untuk menghindari knocking dan menjaga performa.

Baca Juga:  Jangan Lewatkan! 6 Motor Matic Murah Terlaris di 2024

7. Lakukan Tune-Up Berkala

Perawatan profesional seperti penyetelan klep, pemeriksaan timing camshaft, dan pengecekan injektor perlu dilakukan minimal setiap 6.000–8.000 km. Ini penting untuk mempertahankan karakter responsif dari mesin DOHC.

Mesin 250cc DOHC dengan assist/slipper clutch pada Honda CRF250 RALLY dirancang untuk memberikan tenaga besar dengan kontrol penuh, terutama di medan berat. Namun performa optimal ini hanya bisa dicapai jika mesin dirawat dengan disiplin dan teliti.

Dengan mengikuti tips perawatan di atas, Anda bisa memperpanjang usia pakai mesin dan komponen kopling, serta memastikan setiap petualangan tetap aman dan menyenangkan.

Sumber: https://www.astra-honda.com/product/crf-250-rally

About The Author

Copyright © All rights reserved. | EnterNews by AF themes.