Otoinfo.id – Honda CRF250 RALLY dibekali dengan mesin 250cc DOHC (Double Overhead Camshaft) yang terkenal responsif dan kuat di berbagai medan. Mesin ini juga didukung fitur modern berupa Assist/Slipper Clutch, yang memberikan kenyamanan dan keamanan saat perpindahan gigi terutama di jalur turunan curam atau saat pengereman agresif.
Teknologi ini canggih, tapi juga menuntut perawatan lebih detail dan rutin agar performa tetap maksimal dan komponen tidak cepat aus. Berikut ini adalah tips perawatan yang bisa Anda lakukan.
Tips Merawat Mesin 250cc DOHC + Assist/Slipper Clutch Honda CRF250 RALLY
1. Gunakan Oli Mesin Berkualitas dan Ganti Secara Teratur
Mesin DOHC bekerja pada rpm tinggi dan memerlukan pelumasan optimal. Gunakan oli motor khusus untuk motor sport atau trail 4-tak yang sesuai dengan spesifikasi pabrikan. Ganti oli secara rutin setiap 2.000–3.000 km atau sesuai penggunaan ekstrem Anda.
Oli yang bersih juga melindungi mekanisme slipper clutch agar perpindahan gigi tetap halus dan tidak menimbulkan slip berlebih.
2. Cek Kondisi Kopling Secara Berkala
Mesin CRF250 RALLY dilengkapi assist clutch yang meringankan tuas kopling serta slipper clutch yang mencegah roda belakang terkunci saat engine brake. Meskipun kuat, kampas kopling tetap bisa aus seiring pemakaian.
Periksa ketebalan kampas kopling dan kondisi pegas kopling saat servis berkala. Jika terasa selip saat akselerasi, segera konsultasikan ke bengkel.
3. Gunakan Teknik Perpindahan Gigi yang Halus
Meski slipper clutch memudahkan downshift tanpa mengunci roda, hindari kebiasaan menurunkan gigi terlalu cepat saat rpm tinggi tanpa deselerasi bertahap. Teknik berkendara yang kasar bisa mempercepat keausan gearbox dan clutch system.
4. Bersihkan Filter Udara Secara Rutin
Mesin DOHC sangat bergantung pada asupan udara bersih untuk pembakaran sempurna. Pastikan filter udara dalam keadaan bersih, terutama setelah berkendara di jalur berdebu atau off-road. Bersihkan setiap 1.000 km atau setelah perjalanan berat.
5. Panaskan Mesin Sebelum Berkendara
Selalu panaskan mesin minimal 2–3 menit sebelum digunakan. Ini memberi waktu bagi oli untuk bersirkulasi dan melumasi seluruh komponen mesin serta sistem kopling.
6. Gunakan Bahan Bakar Berkualitas
Mesin 250cc DOHC Honda memiliki rasio kompresi tinggi (10,7:1). Maka sangat dianjurkan menggunakan bensin beroktan minimal RON 92 untuk menghindari knocking dan menjaga performa.
7. Lakukan Tune-Up Berkala
Perawatan profesional seperti penyetelan klep, pemeriksaan timing camshaft, dan pengecekan injektor perlu dilakukan minimal setiap 6.000–8.000 km. Ini penting untuk mempertahankan karakter responsif dari mesin DOHC.
Mesin 250cc DOHC dengan assist/slipper clutch pada Honda CRF250 RALLY dirancang untuk memberikan tenaga besar dengan kontrol penuh, terutama di medan berat. Namun performa optimal ini hanya bisa dicapai jika mesin dirawat dengan disiplin dan teliti.
Dengan mengikuti tips perawatan di atas, Anda bisa memperpanjang usia pakai mesin dan komponen kopling, serta memastikan setiap petualangan tetap aman dan menyenangkan.
Sumber: https://www.astra-honda.com/product/crf-250-rally
More Stories
Mahasiswa Unjuk Prestasi, Ini Jawara Film Pendek Keselamatan Berkendara dari Yayasan AHM
Disambut Antusias, New Honda ADV160 Jadi Primadona di IMOS 2025
Tembus Top 3 Klasemen, Pebalap Astra Honda Tampil Kencang di IATC Motegi