Tips: Nih!Ketahui Gejala CDI Sudah Lemah

CDI Rextor Pro Drag 2

Otoinfo.id – CDI adalah komponen sepeda motor yang sangat penting, kepanjangan CDI sendiri yaitu Capacitive Discharge Igniton. CDI pada motor berfungsi sebagai mengatur besar kecilnya pengapian sepeda motor atau sebagai pengontrol.

Nah, untuk itu kita harus mengetahui apakah CDI tersebut masih bekerja maksimal atau tidak. Menurut Sadam pemilik bengkel Alkhadafi Motor, cara mengetahui performa CDI sepeda motor bisa dengan menggunakan AVO meter.

Baca juga : Motor Susah Hidup? Bisa Jadi Pertanda Buruk!

“Cara mengeceknya bisa pakai AVO meter atau Multitester. Kalau tidak punya AVO meter bisa cek lewat percikan api pada busi,” ucap Sadam.

Cara untuk mengecek melalui busi kalian bisa melepas busi terlebih dahulu, kemudian jika sudah lepas kalian bisa pasang busi ke cop busi, lalu hidupkan kontak motor dan stater motor menggunakan kick stater atau stater elektrik.

Baca juga : MXGP 2020: Jago Greerts Tak Sabar Balap di Lommel, Sirkuit Terbaik Belgia

“Tapi kalau mengecek melewati busi tidak bisa 100% akurat, karena bisa saja komponen lain yang, seperti spul, busi atau coil,” tambahnya.

Nah jadi itu gaes cara mengetahui performa dari CDI, apabila CDI sudah lemah sebaiknya cepak menggantinya dengan yang baru. Bagus Adit