Tips: Pilih Glasswool Knalpot 2 Tak, Beda Bahan Beda Karakter, Salah Pilih Bikin Loyo!

Contoh knalpot motor 2 tak

Otoinfo.id – Motor 2 tak itu rata-rata menggunakan glasswool pada kenalpotnya, tepatnya pada slincer atau ujung knalpot. Glasswool atau ‘gasbul’ ini berfungsi untuk meredam suara.

Selain untuk meredam suara, glasswool juga mempengaruhi performa motor 2 tak lho. Karena jenis bahan glasswool ini berbeda beda, dan dari bahannya sendiri memiliki karakter yang berbeda beda.

Dikatakan oleh Sadam pemilik bengkel Alkhadafi Motor Wonosobo ini, jika glasswool sudah terbakar habis, motor akan jadi loyo, karena gas buang yang seharusnya kembali, malah terbuang semua ke udara. Jadi harus tepat memilih glasswool pada motor 2 tak.

Baca juga : Perhatikan Pemasangan Piston 2 Tak, Bisa ‘Ambyar’ Jika Sembarangan!

“Kan kalau motor 2 tak itu sering ada oli samping di knalpotnya, jadi bisa bikin basah glasswoolnya, nah itu yang bikin suara agak ngebas dan tenaga loyo atau berkurang. Untuk itu harus rajin diganti,” ucap Sadam.

Setidaknya adabeberapa jenis golongan glasswool atau peredam saura knalpot ini, yang pertama yaitu yang berwarna kuning dan biasanya berharga Rp 3 ribuan perlembar. Tipe glasswool ini mudah terbakar, dan jangka waktunya sekitar 1 bulan harus diganti.

Baca juga : Ini Masalah yang Sering Terjadi Pada Suzuki Satria 2 Tak! Simak Penjelasannya!

Kemudian selanjutnya glasswool yang berwarna putih dan glasswool ini memiliki masa pakai yang lebih lama yaitu sekitar 2-3 bulan dan biasanya dijual dengan harga Rp 5 ribuan.

“Menurut saya untuk motor 2 tak lebih baik menggunakan yang kuning, karena bahannya lebih bisa menyerap oli samping, kalau yang putih itu lebih cocok buat motor 4 tak. Tetapi harus rutin mengganti agar suara dan tenaga tidak berkurang,” tambah Sadam. Bagus Adit