Tonton Video Detik-Detik Saat Honda BeAT Mengalami Rem Blong

Otoinfo.id – Motor matic memang rawan blong saat menuruni turunan curam. Seperti yang sedang viral, sebuah motor matic tak kuasa membendung kecepatan karena rem blong tiba-tiba. Untungnya ada karung pembatas yang melindungi. MT4

Kenapa Bisa Blong?
Motor matic merupakan motor yang tidak memiliki gear boks percapatan. Sehingga saat di turunan kemampuan mesin untuk menahan beban, sangan minim. Bahkan bisa dikatakan nyaris tidak ada. Padahal beban mesin ini bisa digunakan sebagai rem. Dalam Bahasa kerennya engine braking.

Baca Juga:   Kian Positif, Delvintor Siap Kembali Raih Poin Pada Gelaran MXGP

Nah, ketika diturunan otomatis motor matic hanya mengandalkan rem sebagai penghenti laju. Pada satu titik ketika melakukan pengereman, kampas akan panas dan rambatannya menuju minyak rem.

Seperti diketahui bahwa minyak rem memiliki titik didih tertentu. Pada kondisi tidak ideal atau titik didih minyak rem di atas ketentuan standar minyak rem, akhirnya sifat hidrolis dari minyak rem pun hilang seketika. Ini akibat terdapat uap air pada minya rem. Akibatnya rem blong.

Baca Juga:   Yamaha YZF-R15 ABS 2024: Motor Sportfun dengan Desain dan Performa Menawan

Untuk mengatasinya, selain mengurangi keepatan motor, saat diturunan motor matic bisa menggunakan rem secara bergantian antara depan dan belakang. Ini untuk menghindari rem depan dan belakang panas secara berbarengan.