Otoinfo.id

Portal Informasi Otomotif Indonesia

Toyota Aristo, Sedan Premium Nyaman dengan High Performance

Toyota Aristo, Sedan Premium Nyaman dengan High Performance

Toyota Aristo, Sedan Premium Nyaman dengan High Performance

Otoinfo – Toyota dikenal sebagai produsen mobil dengan beragam sedan premium, mulai dari Toyota Camry hingga model paling eksklusif seperti Toyota Century. Namun, di antara sedan global Toyota, terdapat beberapa model yang menonjol dengan performa sporty, salah satunya adalah Toyota Aristo.

Keistimewaan dan Sejarah Toyota Aristo

Sejarah Singkat dan Generasi

Nama Aristo pertama kali muncul pada Lexus GS generasi pertama tahun 1991 dengan kode S140, yang kemudian dijual di Jepang sebagai sedan premium Toyota. Pada tahun 1997, muncul generasi kedua Lexus GS dengan kode S160 yang lebih besar dan dilengkapi fitur kemewahan yang lebih canggih.

Sayangnya, versi Aristo di Jepang dihentikan setelah generasi keduanya. Keputusan ini diambil karena Toyota mulai menjual mobil Lexus di Jepang, dan memiliki dua model serupa dari merek yang berbeda dianggap kurang optimal.

Mesin High Performance

Satu aspek yang membuat Aristo istimewa adalah pilihan mesinnya. Baik generasi pertama maupun kedua dapat dipilih dengan mesin 3.000cc enam silinder segaris 2JZ-GTE twin turbo, mirip dengan Toyota Supra yang legendaris.

Versi lebih eksklusif dilengkapi dengan mesin V8, entah 4.000cc 1UZ-FE atau 4.300cc 3UZ-FE. Mesin-mesin ini, yang berjenis naturally aspirated, terkenal karena keandalan dan ketenangan dalam mentransmisikan tenaganya.

Baca Juga:  Volvo XC90 2024: Kombinasi PHEV dan Fitur Unggulan di Pasar Otomotif Indonesia!

Modifikasi Tenaga Besar

Toyota Aristo dan Lexus GS, dengan dapur pacu yang dapat dimodifikasi, seringkali menjadi basis untuk peningkatan performa. Mesin 2JZ-GTE dapat dengan mudah dimodifikasi untuk mencapai lebih dari 700 hp dengan penambahan turbo dan modifikasi mesin lainnya. Sementara 1UZ-FE dapat mencapai hasil serupa dengan modifikasi internal mesin.

Namun, mesin 3UZ-FE kurang ideal untuk dimodifikasi, karena meskipun menghasilkan tenaga tertinggi secara standar, struktur internalnya kurang mendukung peningkatan signifikan.

Baca Juga:  Kenali Mesin Toyota Aristo, Mesin High Performance

Drifting dan Penggunaan di Balapan

Dengan kemampuan modifikasi mesin yang tinggi dan platform penggerak roda belakang (RWD), Toyota Aristo sering digunakan dalam balapan drifting. Mobil ini menjadi pilihan populer dalam komunitas drifting karena mesin 2JZ-GTE yang mudah dimodifikasi dan handal, serta platform RWD yang ideal untuk drifting.

Sebagian besar Toyota Aristo dan Lexus GS yang digunakan dalam balapan drifting biasanya dilengkapi dengan mesin 2JZ-GTE, memberikan performa tinggi dan andal. Otoinfo

About The Author

Copyright © All rights reserved. | EnterNews by AF themes.