Otoinfo – Toyota dikenal sebagai produsen mobil dengan beragam sedan premium, mulai dari Toyota Camry hingga model paling eksklusif seperti Toyota Century. Namun, di antara sedan global Toyota, terdapat beberapa model yang menonjol dengan performa sporty, salah satunya adalah Toyota Aristo.
Keistimewaan dan Sejarah Toyota Aristo
Sejarah Singkat dan Generasi
Nama Aristo pertama kali muncul pada Lexus GS generasi pertama tahun 1991 dengan kode S140, yang kemudian dijual di Jepang sebagai sedan premium Toyota. Pada tahun 1997, muncul generasi kedua Lexus GS dengan kode S160 yang lebih besar dan dilengkapi fitur kemewahan yang lebih canggih.
Sayangnya, versi Aristo di Jepang dihentikan setelah generasi keduanya. Keputusan ini diambil karena Toyota mulai menjual mobil Lexus di Jepang, dan memiliki dua model serupa dari merek yang berbeda dianggap kurang optimal.
Mesin High Performance
Satu aspek yang membuat Aristo istimewa adalah pilihan mesinnya. Baik generasi pertama maupun kedua dapat dipilih dengan mesin 3.000cc enam silinder segaris 2JZ-GTE twin turbo, mirip dengan Toyota Supra yang legendaris.
Versi lebih eksklusif dilengkapi dengan mesin V8, entah 4.000cc 1UZ-FE atau 4.300cc 3UZ-FE. Mesin-mesin ini, yang berjenis naturally aspirated, terkenal karena keandalan dan ketenangan dalam mentransmisikan tenaganya.
Modifikasi Tenaga Besar
Toyota Aristo dan Lexus GS, dengan dapur pacu yang dapat dimodifikasi, seringkali menjadi basis untuk peningkatan performa. Mesin 2JZ-GTE dapat dengan mudah dimodifikasi untuk mencapai lebih dari 700 hp dengan penambahan turbo dan modifikasi mesin lainnya. Sementara 1UZ-FE dapat mencapai hasil serupa dengan modifikasi internal mesin.
Namun, mesin 3UZ-FE kurang ideal untuk dimodifikasi, karena meskipun menghasilkan tenaga tertinggi secara standar, struktur internalnya kurang mendukung peningkatan signifikan.
Drifting dan Penggunaan di Balapan
Dengan kemampuan modifikasi mesin yang tinggi dan platform penggerak roda belakang (RWD), Toyota Aristo sering digunakan dalam balapan drifting. Mobil ini menjadi pilihan populer dalam komunitas drifting karena mesin 2JZ-GTE yang mudah dimodifikasi dan handal, serta platform RWD yang ideal untuk drifting.
Sebagian besar Toyota Aristo dan Lexus GS yang digunakan dalam balapan drifting biasanya dilengkapi dengan mesin 2JZ-GTE, memberikan performa tinggi dan andal. Otoinfo
More Stories
Knalpot ABRT20 Karya Mantan Joki Drag Bike, AB Bendol yang Melejit di Balap dan Harian
Astra Otoparts Hadirkan ULTI X Untuk Pasar Komponen Racing dan Sport, Ada Brake Pad, Velg dan Gir-Rantai
Sensasi Touring ke Tuntrum Gasblok Kawasan Borubudur, New PCX 160 Tunjukkan Taringnya Bersama Media dan Influencer