Wednesday, July 16, 2025
spot_img

Toyota Raize vs Wuling Almaz Mana yang Lebih Cepat?

Otoinfo – Ketika berbicara tentang SUV kelas menengah dengan harga yang sebanding, Wuling Almaz EX dan Toyota Raize 1.0T GR Sport CVT TSS Two Tone memunculkan pertanyaan menarik. Meskipun berada di segmen yang berbeda.

Keduanya menawarkan nilai yang seimbang, dengan Almaz dihargai sekitar Rp 295 juta dan Raize sekitar Rp 307,7 juta. Pada pandangan pertama, keduanya dapat masuk ke dalam anggaran bagi para pencari SUV 5 penumpang yang memiliki budget di rentang Rp 300 jutaan.

Mesin: Kuda Pacu di Bawah Kap Mesin

Almaz menampilkan mesin 4 silinder 1.485 cc yang mampu menyemburkan tenaga sebesar 105 dk dan torsi sebesar 143 Nm. Tenaga ini kemudian dihantarkan melalui transmisi CVT ke roda depan.

Di sisi lain, Raize mengambil pendekatan yang berbeda dengan mesin kompak 998 cc 3 silinder yang didukung oleh teknologi turbo. Meskipun mesin Raize lebih kecil, tenaganya mencapai 98 dk dan torsi 140 Nm yang disalurkan melalui transmisi CVT juga.

Namun, uji akselerasi membuktikan perbedaan signifikan. Almaz membutuhkan waktu 13,4 detik untuk mencapai 0-100 km/jam, sedangkan Raize 1.0T GR Sport CVT TSS mampu menyelesaikannya dalam waktu yang lebih singkat, hanya dalam 10 detik.

Baca Juga:  Motor Touring Terbaik! Honda Rebel 250: Kombinasi Gaya Retro dan Performa Agresif untuk

Rahasianya? Torsi mesin turbo Raize yang aktif sejak putaran mesin lebih rendah. Torsi maksimal Raize, 140 Nm, sudah terasa sejak 2.400 rpm, sedangkan Almaz baru mencapai puncaknya di 4.000 rpm.

Keseimbangan dan Kelincahan

Pertarungan antara Almaz dan Raize tidak hanya tentang kecepatan murni. Saat diuji dalam akselerasi pertengahan dari 60-80 km/jam.

Baca Juga:  Terbaik! Anggi Setiawan 'Yamaha Ziear ARL The Strokes 55' Rengkuh Juara MP1 Region B Motoprix 2023

Raize memimpin dengan membutuhkan hanya 2,3 detik, sementara Almaz mengambil waktu 3,1 detik. Inilah yang membuat Raize terasa lebih lincah saat melakukan manuver mendahului kendaraan lain.

Namun, tidak dapat diabaikan bahwa Raize memiliki kelemahan inheren. Dengan format mesin 3 silinder yang tidak seimbang, getaran mesin terutama terasa saat berada dalam kondisi stop and go di tengah kemacetan.

Baca Juga:  CF Moto 450 SR: Motor Sport dengan Teknologi Canggih

Bagi beberapa orang, getaran ini bisa menjadi potensi gangguan, dan Almaz dengan mesin yang lebih halus tentu memberikan kesan kenyamanan yang lebih tinggi.

Dalam adu kecepatan antara Wuling Almaz dan Toyota Raize, Raize muncul sebagai pemenang dengan kecepatan akselerasi yang lebih baik dan kelincahan yang unggul.

Meskipun Almaz menawarkan kenyamanan lebih halus, Raize membalas dengan performa yang lebih tangguh. Pilihan akhir tetap tergantung pada preferensi pribadi dan kebutuhan spesifik, namun hasil uji menunjukkan bahwa Raize adalah jawara dalam lomba akselerasi ini. Otoinfo

Latest Posts