Viar Vortex, Motor Indonesia yang Siap Menjelajah 15.000 km ke Himalaya

OtoInfo.Id-Traveling atau berpetualang ke luar negeri tidak ada cara lain untuk lebih menghemat waktu dan uang dengan menggunakan pesawat. Menghemat waktu dengan memesan tiket pesawat promo untuk keluar negeri pun menjadi pilihan yang paling tepat. Kondisi ini berbeda dengan yang dilakukan oleh Gunadi. Ia lebih memilih untuk melakukan solo touring ke pegunungan Himalaya sejauh 15.000 km selama 70 hari menggunakan Viar Vortex.

Ya, motor produksi lokal tersebut akan ditantang ketangguhannya dalam menjelajah rute berjarak ribuan kilometer dan kondisi yang sangat ekstrem. Seperti apa motor adventure buatan Viar tersebut?

Dari segi desain, Vortex 250 memiliki ciri khas yang menegaskan karakternya sebagai motor adventure. Kombinasi velg 17 inci di belakang dan 18 inci di depan memberikan dorongan performa yang mumpuni. Di mana juga didukung oleh suspensi upside down dan lengan ayun aluminium di belakang. Urusan kenyamanan, Vortex 250 memiliki jok yang sengaja didesain melandai agar pengendara tidak merasa pegal atau sakit ketika bepergian dalam jarak yang jauh.

Jantung pacu yang digunakan Vortex ditawarkan dalam dua pilihan yakni injeksi dan karburator. Berkapasitas 250cc satu silinder berpendingin cairan, mesin Vortex mampu menyemburkan tenaga melalui sistem transmisi 6 percepatan hingga 24 dk pada 9.000 rpm dan torsi maksima 22,5 Nm pada 7.000 rpm. Tenaga besar tersebut didapatkanberkat bagian dalam mesin yang menggunakan diameter x langkah yaitu 77 mm x 53.6 mm.

Guna mendukung perjalanan, Viar Vortex juga dilengkapi berbagai aksesori. Gunadi pun telah memilih beberapa aksesori seperti visor bawaan pabrik yang memilki ketinggian cukup dan warna transparan yang tidak menyulitkan pengendara.

Kemudian engine guard dipilih Gunadi untuk melindungi mesin. Terdapat perbedaan antara engine guard yang digunakan Gunadi dengan yang bawaan pabrik. Di mana yang digunakan Gunadi berwarna putih, sedangkan pada Vortex yang dijual di pasaran berwarna hitam.

Sedangkan aksesori yang diubah dari standarnya adalah box belakang. Gunadi mengandalkan box asal Italia, Givi, untuk membawa barang bawaannya. Kapasitas box atasdengan kode E43NTL-ADV mencapai 43 liter dan untuk masing-masing box samping berjenis Trekker berkapasitas 33 liter.

Selain itu, Gunadi juga membawa Dry Bag EA1115KG dengan kapasitas 40 liter danTanklock ST602 dengan kapasitas 4 liter. Tanklock adalah tas selempang yang mudahdilepas dan dipasang dari dudukannya yang berada di tangki bensin.

Terdapat juga aksesori tambahan seperti hand guard berkelir merah putih yang berfungsi untuk melindungi tangan pengendenra. Lalu fog lamp LED, velg aluminium dan ban.

Adapun harga jual Viar Vortex bergantung pada pilihan mesin. Untuk yang sudah injeksi dibanderol Rp 51,1 juta, sedangkan karburator Rp 41,6 juta dengan status on the road Jakarta. (FD)

Berikut Spesifikasi Viar Vortex
Dimensi : 2.130 x 868 x 1.260
JarakSumbu : 1.400
JarakTerendah : 210
TipeSuspensiDepan : Upside Down
TipeSuspensiBelakang : Monoshock
Ukuran Ban Depan : 100/80-18
Ukuran Ban Belakang : 130/70-17
Rem Depan : Disk Brake
Rem Belakang : Disk Brake
KapasitasTangki : 15 Liter
TipeMesin : 4 Langkah SOHC Water Cooler Radiator
Diameter x Langkah : 77 mm x 53,6 mm
Volume Langkah : 249,6 cc
Gigi Transmisi : 6 Kecepatan
PolaPengoperasian : 1-N-2-3-4-5-6
Starter : Electric Starter
Daya Max : 18,5 Kw/9.000 rpm
Torsi Max : 22.5 Nm/7.000 rpm