Virus RCB Lover’s Serang Modifikator Jabodetabek, Terbukti di Gelaran Kontes Modif Adi Pro Mall Cibinong

Otoinfo.id – Dunia modifikasi khususnya di wilayah Jabodetabek mulai bangkit kembali. Setelah tidur cukup lama dikarenakan Pandemi Covid 19 yang melanda. Meski begitu, ternyata semangat kreatifitas para pelaku modifikasi motor di wilayah barat tidak pernah lesu dalam hal berkarya.

Itu dibuktikan dengan digelarnya kontes modifikasi garapan Adi Pro Production yang mengangkat tema Adi Pro Modif Contest 2021. Yang dihelat di dalam Mall Ex ITC Cibinong, pada hari Minggu (14/3) kemarin. Dan terlihat antusias pesertanya cukup bisa memberikan bukti, kalau modifikator wilayah barat masih tetap eksis dalam hal membangun motor buat tarung di kontes modifikasi.



Baca Juga : ADI Pro Modif Contest 2021: Ajang Modifikasi dan Kegiatan Sosial, Ada Support RCB!

Dari 6 kategori kelas yang dilombakan, turun 125 motor modif buat merebut panggung juara. Dan terpantau di arena kontes, hampir rata-rata motor modifikasi yang turun beradu keindahan karya modifikasinya. Semuanya terlihat sudah perfik alias sempurna, baik tentang tema modif maupun teknik pengerjaannya.

Menurut Adi Pro sendiri selaku promotor kontes yang sudah malang melintang di dunia kontes modifikasi mengatakan. Gelaran kontes modifikasi besutannya ini untuk wilayah Jabodetabek boleh dikatakan event pembuka, “Ya untuk diwilayah Jakarta dan sekitarnya ini event perdana saya. Kalau di wilayah Bekasi beberapa bulan lalu sudah saya buatkan kontes juga. Harapanya dengan event kontes seperti ini bisa membangun gairah kembali para pecinta modifikasi. Baik palaku bengkel modif, toko aksesoris, pecinta modif,” ungkap Adi sapaan akrabnya.

Yang namanya modifikasi motor, secara penggerjaannya pasti akan melibatkan beberapa teknik. Baik itu teknik merekontruksi rangka (custom), teknik pengecetan (painting), dan yang tidak kalah penting lagi adalah aplikasi part aksesoris (fashion).



Sedang untuk masalah teknik aplikasi penggunaan aksesoris buat menambah tampilan aura fashion. Di wilayah barat, mulai dari Jakarta, Bogor, Bekasi, Depok yang merupakan ‘sarangnya’ modifikator handal. Sudah banyak yang memakai body part aksesoris RCB.

Hal itu terlihat jelas di arena kontesnya Adi Pro yang digelar saat itu di Mall Cibinong, Bogor. Dari beberapa kelas yang dilombakan, terlihat motor-motor modif yang tarung di arena kontes sudah banyak memakai part RCB. Ini membuktikan kalau di wilayah barat, part RCB sudah mulai diperhitungkan oleh para modifikator. Untuk diaplikasikan dimotor modif mereka, sebagai sarana pelengkap tampilan elegan dan aura fahsion. Karena salah satu nilai penjurian pada motor kontes, ada point penilaian untuk masalah penggunaan part aksesoris buat penyempurna konsep modif. Tujuannya tidak lain, buat mendongkrak tampilan motor modif biar kelihatan elegan dan aura fashionnya muncul.

Memang selama ini aksesoris RCB lebih dominan dipakai di dunia balap motor. Sudah banyak tim-tim besar balap road race tanah air yang mempercayakan body part motor mereka ke RCB. Semisal velg, shock, caliper, dan master rem.

Tapi kenyataanya di dunia modifikasi motorpun part RCB asal Malaysia ini juga sudah mulai merambah dan dominan dipakai pula di motor para peserta kontes modifikasi. Apalagi di wilayah Manado, Makasar, Bali, Jogja, bahkan kota pahlawan Surabaya. Sudah lebih dulu banyak motor kontes yang memakai part aksesoris RCB, bahkan sangat fanatik dengan part RCB.

Dan sekarang yang tidak mau ketinggalan wilayah Barat, baik seputaran Jakarta, Bogor, Bekasi, dan Bandung. Part aksesoris RCB yang di Indonesia didistribusikan oleh PT, Enwan Multi Partindo (N1) ini. Juga sudah mulai banyak diminati oleh para modifikator maupun pecinta modifikasi motor.

Baca Juga : Road Race Cimahi 2021: RX-King Pacuan Adly M Taufik yang Juara Dibekali Part RCB!

Yang lebih istimewanya lagi. Di event kontes Adi Pro sekarang ini. Beberapa motor yang turun kontes dan memakai part RCB, terbukti menjadi juara. Semisal motor garapan bengkel modifikasi ‘Bajay Motor Tukang Racun’ asal Cileungsi, Bogor yang turun dikelas Airbrush Open. Beberapa motor garapanya yang turun dikontes kali ini, mampu memborong gelar juara. Bahkan beberapa motor kontestan lainya yang turun di kelas berbeda, juga pemakai part aksesorisnya RCB mendapat gelar juara pula.


Sekilas info saja ya. Apa saja sih body part aksesoris RCB yang sekarang ini lagi dominan di aplikasikan ke motor modif?. Kebanyakan yang sudah mulai ramai dipakai dimotor modifikasi mulai dari Caliper RCB dari berbagai model, S1, S2, dan S3. Lalu shockbreaker dari berbagai type untuk motor matic, bebek, juga sport. Dan yang tak kalah banyak peminatnya lagi adalah master brake pump RCB, baik yang model S1 Radial, E-2 juga E-3 sudah familer dikalangan peserta kontes. Istimewa.