Otoinfo – Loncin, merek asal Tiongkok, telah menorehkan keberadaannya di sebagian besar pasar Eropa berkat anak perusahaannya, Voge CU 525.
Dengan fokus pada segmen premium, Voge membawa kinerja dan fitur yang sebanding dengan mesin kelas menengah dan entry-level, namun dengan harga yang jauh lebih terjangkau dibandingkan pesaingnya dari Jepang dan Eropa.
Dalam beberapa tahun terakhir, jangkauan model Voge telah berkembang dari mesin entry-level hingga naked sportbike 500cc ke atas, neo-retro roadster, dan adventure-tourer. Kali ini, produsen Tiongkok tersebut memasuki pasar cruiser dengan CU 525.
Dengan cruiser 500cc ini, Voge bertekad untuk bersaing dengan Honda Rebel 500, salah satu cruiser dari produsen utama di segmen ini.
Kualitas Mesin: Loncin vs. Honda
Pertama-tama, penting untuk mencatat bahwa lineup 500cc Loncin telah dikenal karena menggunakan mesin yang memiliki karakteristik yang sangat mirip dengan parallel-twin 471cc milik Honda.
Perusahaan Tiongkok tersebut “meng-upgrade” mesin pada tahun 2021 dengan meningkatkan kapasitas menjadi 494cc, namun poros engkol 180-derajat, sistem pendinginan cair, dan sistem injeksi bahan bakar elektronik tetap sama.
Ini adalah mesin yang sama yang akan kita temui di CU 525, dan disetel untuk menghasilkan daya maksimum 47.6 tenaga kuda sesuai dengan parameter lisensi A2 Eropa.
Desain yang Berbeda: Tampilan dan Fitur
Dari segi desain, CU 525 membedakan dirinya dari cruiser lain dengan estetika yang lebih kasar dan sporty.
Terinspirasi oleh mesin-mesin Amerika seperti Harley Sportster S, CU 525 memiliki lampu depan yang memanjang, ban depan dan belakang yang besar, kontrol kaki ke depan, dan kaca spion belakang yang dipasang di ujung handlebar.
Secara keseluruhan, tampilannya agresif namun santai—mirip dengan sepeda kustom langsung dari lantai pameran.
Variasi dalam Penggerak Akhir
Saat ini, di Tiongkok, tampaknya terdapat dua versi dari Voge CU 525. Salah satunya dilengkapi dengan sistem penggerak akhir rantai, dan yang lainnya menggunakan penggerak akhir sabuk.
Saat ini, belum jelas versi mana yang akan masuk ke pasar global. Namun, kedua sepeda dilengkapi dengan fork depan terbalik, monoshock belakang yang dapat disesuaikan preload, dan rem cakram ABS di depan dan belakang.
Voge CU 525 menawarkan alternatif menarik di segmen cruiser 500cc. Dengan kinerja yang kuat, desain yang menarik, dan harga yang bersaing, ini menjadi pilihan menarik bagi para pengendara yang mencari cruiser yang tangguh namun terjangkau.
Dengan langkah ini, Loncin dan Voge sekali lagi menegaskan posisinya sebagai pemain yang patut diperhitungkan di pasar sepeda motor global. Otoinfo
More Stories
Launching Gloss Motor Bandung, Outlet Baru Angkasa Raya Motor Jadi Pusat Aksesoris & Spare Part Motor Terlengkap
Chery TIGGO Cross CSH Hybrid dan Sport 1.5T Resmi Meluncur di Semarang, Intip Harga dan Spesifikasinya
Intip Harga Mobil Bekas Mitsubishi Xpander Cross 2020, Cuma Segini di Pasaran