Otoinfo – Pada masa kejayaannya, Suzuki Bandit 250cc memasuki pasar otomotif Indonesia sebagai motor legendaris. Meski di tengah persaingan sengit, Suzuki Bandit tetap menjadi ikon dengan keunggulan dan kelemahan tertentu.
Suzuki Thunder 250 dan Inazuma
Suzuki Thunder 250, yang hadir antara tahun 1999-2002, dan Inazuma 250, yang mencoba peruntungannya pada tahun 2012, merupakan upaya Suzuki menguasai segmen 250cc. Meskipun keduanya memiliki performa tangguh, popularitas merk Suzuki yang buruk membuat keduanya tidak bertahan lama di pasaran.
Suzuki Bandit 250cc Varian Terkecil dari Keluarga Bandit
Suzuki Bandit 250 atau GSF250 menjadi varian terkecil dalam keluarga Bandit Series sebelum munculnya Suzuki Bandit terbaru bermesin 150cc. Diperkenalkan pada tahun 1989 dan dihentikan produksinya pada akhir 2000-an, Bandit 250 menjadi penantang utama Kawasaki Balius ZR-250.
Sejarah Suzuki Bandit 250
Suzuki Bandit 250cc hadir dalam beberapa versi, seperti GSF Standar, GSF250V, dan GSF250Z Limited Edition. Meski namanya besar, Bandit 250 hanya masuk Indonesia melalui pesanan khusus, terutama untuk kepolisian atau keperluan khusus lainnya.
Desain Unik dan Karakter Naked Bike
Dari segi desain, Bandit 250 membedakan diri dengan rangka tubular-steel trellis, berbeda dengan versi fairingnya, GSX-R 250. Meskipun dinilai kurang eksotis, Bandit 250 tetap memiliki daya tarik sebagai naked bike, identik dengan gaya motor tahun 1990-an.
Keunggulan Mesin Suzuki Bandit 250cc
Meskipun memiliki beberapa kekurangan seperti bobot yang lebih berat dibandingkan pesaingnya, Suzuki Bandit 250 memanjakan pengendara dengan dapur pacu tangguh. Mesin 248cc 4-stroke, 4-cylinder, liquid-cooled, DOHC-nya mampu menghasilkan tenaga 45 hp pada putaran 14.000 rpm, dengan kecepatan maksimal mencapai 190 km/jam. Pada tahun 1995, Suzuki menambahkan sistem variable valve control (VC), teknologi yang pertama kali diterapkan pada motor 250cc. Dengan VC, Bandit 250 menyuguhkan tenaga yang merata dan halus.
Suzuki Bandit Terkini Suzuki Bandit 150cc
Tahun ini, Suzuki kembali merilis Suzuki Bandit dengan varian terkecil dari keluarga Bandit, yakni Suzuki Bandit 150cc. Meski memiliki tampilan mirip dengan Suzuki GS 150, perbedaan mencolok terletak pada desain jok belakang yang lebih landai dan nyaman bagi pembonceng. Motor ini ditanami mesin DOHC 4-tak satu silinder dengan kapasitas 150 cc. Tenaga yang dihasilkan bisa mencapai 18,9 hp pada 10.500 rpm, dengan torsi maksimal 14 Nm pada 9.000 rpm. Motor ini memiliki dimensi panjang 2.000 mm, lebar 745 mm, dan tinggi 1.035 mm. Ground clearance setinggi 150 mm terasa cukup tinggi, meski masih lebih rendah dari GSX-S150. Otoinfo