Wow! Bore Up Super R15, Dahsyatnya Head Sakti, Power Tembus 29 HP!

OtoInfo.Id-Bukan kaleng-kaleng memang, pakai ilmu ini YZF R-15 dari tenaga sebelumnya  naik 30%. “Progressnya dari kondisi STD ke modif icik-icik luaran jadi 19 dk. Terus di ekstra bore up, porting stage1, cam naik ke 22 dk. Baru dimaksimalkan lagi klep gede, tata ulang kompresi, porting, cam, pir klep, ganti ECU Juken pro jadi 29 HP. Naik 30% dari kondisi bore up head standart,”begitu sebut Swega from RAT Motorsport di Sidoarjo, Jatim.

Baca Juga:   Yamaha Mio S Tajamkan Prestasi dengan Predikat “Best of Low Skutik”

Eksperimen ini diterapkan pada R15 milik seorang klien yang masih berstatus mahasiswa itu. “Si pemilik tak mau tungganganya hanya sekedar tampil sporty tapi lari motor banci. Makanya, bagian vital alias mesin dioprek optimal paki bore up Super,”buka Swega yang kaya ilmu itu. Oh ya, oleh si empu R15 ini dijuluki ‘Sang R15 Carbon’.

“Awalnya mula modif doi masih malu-malu, baru sekedar main pengapian dengan  ECU BRT, busi Brisk, koil USR dan knalpot Leovince. Paling mentok tambah filter udara Ferrox. Hasilnya? Ya, begitu-begitu saja, disetting dengan  spesial tune  pun hanya main di 19 HP-an dari standart 15 HP,”kata Swega.

Baca Juga:   Honda Tampilkan Simulasi Safety Zone

Oh ya, meski sistem VVA yang disematkan itu asyik, akselerasi bawah ditopang cam durasi rendah dan lift in rendah serta pelatuk roller untuk membantu torsi dan keiritan bahan bakar,”Serta ketika putaran rpm diatas 6000 maka pelatuk bergeser ke sistem cam durasi besar dan lift tinggi dengan tipe pelatuk sepatu yang lebih padat. Sayangnya cam standard terasa nahan ketika pakai knalpot Leovince. Digas pol kok masih berasa nahan, jadilah knalpot ganti ke WRX. Eh, bener kan atasnya malah lebih plooong! Tapi konsekuensinya ya tenaga bawah agak kempos,”terang Swega.

Baca Juga:   Transformasi Luar Biasa Suzuki APV: Dari Minibus Menjadi SUV Mewah yang Memukau Persaingan

Dari situ mulai merambah ke bagaian mesin,”Block silinder pakai bore up ceramic set made in BRT dengan piston forging diameter 62mm, plus porting ulang head dan penggantian camshaft,”bebernya.