Yamaha Cup Race 2018 Pontianak (Seri 6): Edukasi Aturan Balap Rider Komunitas Bersama ‘The Next Bambang Gunardi’

Edy Horison, 'The Next Bambang Gunardi'

OtoInfo.Id-Jadi kesempatan yang spesial juga bagi peserta di kelas Aerox 155 Cup Community pada gelaran Yamaha Cup Race (YCR) seri ke-6 di Sirkuit Stadion Sultan Syarif Abdurahman (SSA), Pontianak, Kalbar (15/9), selain menimba ilmu bersama mentor papan atas Rey Ratukore, 15 rider di kelas komunitas dengan memacu matic sport Aerox 155 itu juga dibagi ilmu aturan balap oleh Edy Horison. Dipentas balap nasional siapa yang tak mengenal pria yang akrab disapa Koh Edy itu. “Ini balap komunitas, jadi serius tapi santai aja. Pun begitu, wajib memperhatikan aturan-aturan balap yang benar, sesuai dengan regulasi yang berlaku,”tegas Koh Edy yang asli dari Riau itu.

Koh Edy-Menjelaskan ASturan Balap pada Rider Aerox Cup Community

Dalam gelaran ini, Koh Edy didaulat jadi race director,”Bukan tanpa alasan, Yamaha menunjuk Koh Edy sebagai race director dalam beberapa event YCR. Ketegasan dan kompetensinya dalam memahami aturan balap memang tak diragukan,”puji M. Taufiq selaku pimpinan lomba yang juga punya kedekatan secara personal. “Meski kelas komunitas, kalo sudah bicara balap dan di trek, secara personal harus bertanggung jawab dengan keselamatan pribadi. Makanya, harus paham dan patuh terhadap aturan sebagai bagian dari tanggung jawab tadi,”tegas Koh Edy.

Robby Winaldy (Motorsport PT. Yamaha Indonesia Motor Manufacturing)

“Secara pengalaman beliau memang senior dan mengerti proses dilapangan. Paling penting juga beliau paham apa yang menjadi tujuan dari YCR, makanya bisa tahu mana peraturan yang bisa diaplikasi untuk komunitas dan rider profesional. Khusus kelas komunitas, tak hanya sebagai race director tapi juga bisa mengedukasi dan kalo pun ada sanksi yang sifatnya lebih mendidik,”komentar Robby Winaldy dari Divisi Motorsport PT. Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM).

Rider Komunitas

Mengenal ‘gaya’ Koh Edy, portal ini teringat pada pada sosok Alm. Bambang Gunardi,”Bambang Gunardi memang nggak tergantikan, tapi Koh Edy dengan segala pengalamannya dan bahkan sampai level Asia sebagai safety officer juga dengan background mantan pembalap, punya karakter yang hampir mirip dalam hal aturan balap,”tukas M. Taufiq. So, Yamaha lewat program talent rider di YCR memang suguhkan sesuatu yang spesial, pilihan personal yang terlibat seperti Koh Edy salah satu buktinya. Sip! Wawan