Yamaha Cup Race (YCR) 2018 Tasikmalaya; SMK Pertiwi Racing Team (Kuningan), Balap Misi Edukasi!

SMK Pertiwi Racing Team, Kuningan, Sekolah Balap Binaan Yamaha

OtoInfo.Id-Diantara tim-tim papan atas yang bertarung di Yamaha Cup Race (YCR) Tasikmalaya (15/7), ada tim yang sukses mencuri perhatian. Apa pasal? Itu lantaran tim ini punya basic dari pendidikan formal yakni SMK (Sekolah Menengah Kejuruan). Adalah SMK Pertiwi Kuningan, Jabar skuad yang dimaksud “Tim ini pertama dibentuk tahun 2008 berawal dari kegiatan ekstra kurikuler balap. Dari situ kemudian coba ikut di kejuraan daerah hasil gemblengan dari ekstra kurikuler tadi,”buka Dea Ariana Vamitrianto, S.E, MSi selaku kepala sekolah seraya bilang bahwa program ini didukung sepenuhnya wali murid lewat komite sekolah. Mantap!

“Misi utamanya adalah pembinaan dan edukasi, baik dari sisi pebalap maupun teknisi. Pebalap yang ikut adalah siswa sendiri atau calon siswa yang kita bina untuk nanti bisa melanjutkan ke SMK kita lewat program beasiswa. Itu untuk yang pemula, sedangkan seeded kita merekrut pembalap proffesional. Beberapa pembalap seeded yang pernah bergabung antara lain Irvan Chupenk, Sani Irawan, Anggi Permana, Adu Bontot, Aditya Fauzi, Rifky Ibrahim,”sahut Ega Pratama, selaku manager tim yang juga guru di jurusan TKJ (Teknik Komputer Jaringan).

Dea Ariana Vamitrianto, S.E, MSi selaku Kepala Sekolah

Makin mantap, SMK Pertiwi juga merupakaan sekolah binaan Yamaha lewat kelas khusus Yamaha,”Ya, jadi program racing ini juga merupakan bagian dari penerapan teori dan praktek yang diajarkan disekolah. Bahwa balap juga merupakan alternatif profesi setelah lulus nanti, dunia balap saat ini adalah industri,”timpal Slamet, chief mecanic yang juga guru jurasan TBSM (Teknik Bisnis Sepeda Motor). Sebagai informasi, doi juga merupakan bagian dari tim YRI (Yamaha Racing Indonesia) yang berlaga di event ARRC (Asia Road Racing Championship).

“Khusus siswa yang berminat ikut program ini, utamanya jadi pebalap harus punya pengalaman ikut balap sebelumnya dan mendapat izin dari orang tua lewat surat pernyaan resmi,”jelas kepala sekolah yang stylish itu. “Kami mensupport penuh apa yang menjadi program SMK Pertiwi, ini bagian dari eksistensi dan unjuk prestasi dengan teknologi unggulan Yamaha,”imbuh Dodih Sutiono sebagai service education DDS II (Bandung). Keren!

Dodih Sutiono (kiri), Sevice EDucation DDS II

“Untuk program ini kita menyiapakn alokasi dana hampir Rp. 100 juta untuk bangun motor, operasional, dan riset. Saat ini kita punya investasi 3 unit motor injeksi, 2 karbuartor juga ada spek 2T,”tukas kepala sekolah yang kali ini andalkan Fajar Setiawan dikelas pemula. Gass! Wawan/Aji