Yamaha Endurance Festival 2019: Start Menggunakan Le Mans Style, Ini Penjelasannya

Otoinfo.id – Sebentar lagi atau tepatnya Sabtu-Minggu besok (14-15/9), Yamaha Endurance Festival 2019 akan segera digelar. Itu merupakan balap ketahanan yang akan diikuti oleh para pembalap dengan pacuan Sport Yamaha macam R15 dan R25.

Buat yang belum tahu sebelumnya pernah dilaksanakan untuk yang pertama kalinya pada tahun 2018, jadi ini adalah gelaran yang kedua. Dan satu-satunya balap ketahanan di Indonesia saat ini.

Nah, menarik bila berbicara soal cara start yang menggunakan Le Mans Style. Buat yang sudah ikut tahun lalu pasti paham bagaimana cara start dengan model seperti itu. Tapi bagi yang belum pernah mungkin belum paham betul bagaimana caranya. Atau buat yang hanya ingin tahu dibawah ini penjelasan singkatnya.

Baca Juga : Yamaha Endurance Festival 2019: Perkenalkan Budaya Balap Ketahanan, Yamaha Indonesia Kembali Hadirkan di Tahun Kedua

Untuk Le Mans Style itu merupakan cara start sepeda motor harus berbaris pada sudut 30° atau mengikuti marka yang sudah disediakan. Posisinya berada disamping lintasan/ disamping pit wall dan di belakang garis start. Masing-masing dibantu oleh dua mekanik.

Oh ya, hanya mekanik yang diperbolehkan berada di grid area untuk memegang motor peserta dan menggunakan sarung tangan. Itu satu menit sebelum start dimulai. Start akan dimulai dengan memperhatikan 3 signal yaitu :
– Lampu Start
– Horn
– Hitungan mundur dari pimpinan perlombaan dengan tampilan display hitungan mundur di giant screen. (10…9…8…….3…2…1…GO)

Baca Juga : Jelang Yamaha Endurance Festival 2019 : Fantastis! Hadiah Sampai 20 Juta, Berikut Informasinya

Pimpinan Lomba akan menghitung mundur dari 10 – 1 diikuti display di giant screen, setelah hitungan 1 selesai, Pimpinan Lomba akan menyebutkan “ GO…” diikuti lampu start berwarna merah padam dan akan ada suara (horn) bunyi. Lalu peserta berlari menuju motor masing-masing dan memulai jalannya balapan.

Jadi itulah bahasan singkat soal Le Mans Style yang digunakan di ajang YEF 2019. Tentu itu akan menguras tenaga sekali, apalagi durasinya 2 jam. Yup, persiapkan fisik dan pacuan ya! Aji