Otoinfo.id – Sejak diluncurkan pada 2022, Yamaha Fazzio telah menjadi salah satu andalan penjualan PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM). Skutik bergaya klasik ini bahkan mulai menyaingi popularitas Mio, motor matic generasi awal yang pertama kali hadir di Indonesia pada 2004.
Yamaha mengungkapkan bahwa Fazzio langsung menarik perhatian dan menjadi viral di media sosial saat pertama kali diluncurkan. Bahkan, penjualan Fazzio mencetak rekor tercepat secara inden online melalui e-commerce, dengan 1.000 unit terjual hanya dalam waktu 5 jam setelah peluncuran.
“Selain kategori Maxi, kami menyebut kategori klasik sebagai pilar kedua dalam penjualan kami,” ujar Dyonisius Beti, Presiden Direktur dan CEO PT YIMM, dalam sebuah acara di Jakarta pada 11 Oktober 2024.
Dyonisius juga menyebutkan bahwa peluncuran varian baru Fazzio Hybrid semakin memperluas pasar skutik klasik ini, dari segmen harga terjangkau hingga premium. “Sekarang konsumen yang sebelumnya sulit untuk membeli motor dengan kualitas tinggi, dapat membeli Fazzio dengan harga yang bersaing dan tidak jauh dari motor entry level,” jelasnya.
Dyon menambahkan bahwa penjualan Fazzio telah melampaui penjualan Mio M3 di beberapa wilayah. “Di kategori klasik, Grand Filano masih memimpin, tetapi Fazzio bisa segera menyusul. Di Bali, Sulawesi, dan Medan, penjualannya sangat besar, dan Jakarta serta Bandung juga mulai tumbuh,” tambahnya.
Sebagai informasi tambahan, penjualan motor secara nasional pada September 2024 mencapai 528.715 unit, turun 7,8 persen dari Agustus sebelumnya yang mencapai 573.886 unit. Skutik tetap mendominasi pasar motor di Indonesia dengan pangsa pasar sebesar 90,16 persen pada September 2024.
Dengan pencapaian tersebut, Yamaha Fazzio kini menjadi salah satu motor andalan Yamaha di segmen skutik klasik dan berpotensi terus memperluas dominasinya di pasar otomotif tanah air.